Bakmi Jogja di Surabaya (1), Bakmi Jogja Trunojoyo

Bagi penggemar kuliner bakmi goreng, tentunya tidak asing dengan mie jogja, sebuah hidangan mie yang super lezat, yang konon berasal dari kota Jogja. Sekilas tidak ada yang istimewa antara mie jogja dengan mie pada umumnya, mulai dari bentuk mie, bumbu utama yang digunakan hingga cara memasaknya. Hanya saja, kalau diperhatikan lebih teliti, ada satu ciri khas dari bakmi jogja yang membedakannya dari bakmi-bakmi yang lain, yaitu bahan bakar dari penggorengan. Jika bakmi lain menggunakan minyak ataupun gas elpiji, maka bakmi jogja tetap setia dengan bahan bakar arang. Konon, dengan kalori yang stabil dari arang membuat tingkat kematangan mie bisa merata dan bumbu bisa merasuk hingga kedalam mie.

Bakmi Jogja Trunojoyo
Bakmi Jogja Trunojoyo

Berangkat dari tempat asalnya di Jogja, kini bakmi jogja sudah melanglang buana ke seluruh penjuru tanah air, tak terkecuali di Surabaya. Salah satu rumah makan bakmi jogja yang sangat tersohor di kota pahlawan adalah Bakmi Jogja Trunojoyo.

Berlokasi di JL Tegalsari, Bakmi jogja trunojoyo adalah rumah makan yang tidak hanya sekedar menyajikan makanan khas dari Jogja, tetapi juga memberikan pengalaman akan keramahan khas Jogja pada pengunjungnya. Begitu memasuki gerbang rumah makan, suasana klasik langsung terasa karena memang bangunan yang digunakan adalah bangunan dengan desain arsitektur bergaya kolonial Belanda.

Sesaat kemudian salah seorang pelayan restoran datang menghampiri pengunjung yang baru saja datang dengan senyum tersungging. Dengan ramah, sang pelayan memberikan ucapan selamat datang serta beberapa kalimat sapaan dalam bahasa jawa yang sangat halus. Seketika itu pula pengunjung mendadak akan merasa seperti melewati pintu kemana saja doraemon, berpindah kota dari Surabaya menuju Jogja.

Didalam ruangan utama rumah makan dipenuhi berbagai pernak pernik klasik jawa, mulai dari meja dan kursi yang berbahan dasar kayu, lemari kayu berukiran yang berisi berbagai macam keramik, pesawat telepon masa lalu, patung hingga foto raja-raja Jawa masa lalu.

Suasana di dalam Rumah Makan Bakmi Jogja Trunojoyo, Surabaya
Suasana di dalam Rumah Makan Bakmi Jogja Trunojoyo, Surabaya
Suasana di Rumah Makan Bakmi Jogja Trunojoyo, Surabaya
Suasana di Rumah Makan Bakmi Jogja Trunojoyo, Surabaya

Salah satu menu favorit saya di rumah makan ini adalah Mie Goreng nyemek, yaitu mie goreng yang diberi sedikit air, sehingga tidak terlalu kering. Selain mie goreng, ada nasi goreng dan juga nasi goreng magelangan, yaitu nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng. Sedangkan untuk menu minumannya, favorit saya adalah teh nasgitel, yang merupakan akronim dari panas, wangi, legi dan kentel (panas, harum, manis dan kental) serta teh poci gula batu yang disajikan langsung dari poci. Untuk harga, saya rasa tidak terlalu mahal dan sebanding dengan kelezatannya yang ditawarkan serta suasana yang diberikan.

Nasi Goreng Magelangan
Nasi Goreng Magelangan

Sambil menunggu makanan disajikan, saya biasanya membeli camilan berupa beberapa potong pisang goreng yang juga tersedia di Bakmi Jogja Trunojoyo. Pisang gorengnya dibentuk seperti kipas dan disajikan bersama gula putih bubuk dan gula merah bubuk. Sedapp. Tapi ingat, meski enak, jangan terlalu banyak makan pisang gorengnya. Nanti kekenyangan, dan akhirnya malah gak selera lagi makan menu utamanya.

Pisang Goreng
Pisang Goreng
Pisang Goreng
Pisang Goreng

Setiap saya datang ke rumah makan ini, suasananya tidak pernah sepi. Bahkan mungkin di event-event khusus seperti di akhir pekan atau pada saat buka puasa, seringkali pengunjung harus menunggu terlebih dahulu beberapa menit hingga ada meja kosong yang tersedia.

Nama Trunojoyo pada Bakmi Jogja Trunojoyo diambil dari nama jalan Trunojoyo, Surabaya yang merupakan lokasi pertama kalinya ketika rumah makan ini berdiri. Selang beberapa lama, karena pengunjungnya yang semakin ramai sehingga membutuhkan ruangan yang lebih besar, rumah makan ini pun pindah lokasi ke JL Monginsidi. Agar para pelanggan tidak kehilangan jejak, maka nama Trunojoyo pun disematkan di rumah makan ini, sebagai penanda kepada para pelanggan, bahwa rumah makan ini yang adalah rumah makan yang sama, yang dulunya berada di jalan Trunojoyo. Dan sejak tahun 2015 lalu, bakmi Jogja Trunojoyo pindah lokasi lagi. Kali ini ke jalan Tegalsari. Meskipun sudah berpindah lokasi sebanyak tiga kali, rumah yang dipilih sebagai rumah makan selalu rumah yang bergaya sama, yakni gaya kolonial ala Eropa masa lalu, sehingga para pelanggan lama yang datang kemari, yang sudah pernah datang di jalan Trunojoyo maupun jalan Monginsidi, tidak akan merasakan terlalu banyak perbedaan suasana.

Bagi penggemar bakmi jogja, atau orang Jogja yang kebetulan lagi merantau di Surabaya dan sekitarnya dan kangen bakmi goreng, atau mungkin juga penggemar kuliner yang ingin menambah pengalaman bagi lidahnya, monggo mampir ke Bakmi Jogja Trunojoyo. Insya Allah puas dan rasa kangen akan suasana Jogja bisa sedikit terobati.

7 thoughts on “Bakmi Jogja di Surabaya (1), Bakmi Jogja Trunojoyo

  • 17/05/2016 at 11:45
    Permalink

    Suryaaaa…
    Sepertinya aku pernah deh makan Bakmi Jogja ini, tapi kalo di deket tempatku sih namanya Mie Jawa aja gitu…
    Masaknya pake arang, dan rasanya memang khas banget, tapi kalo untuk seleraku sih kayaknya kemanisan hehehe…Abah yang suka banget mah :))

    Duh, aku jadi kepengen makan mie goreng sih iniiih!
    *melipir ke dapur bikin indomie hehehe*

    Reply
    • 17/05/2016 at 11:55
      Permalink

      Oh iya mbak, ada juga yang menyebutnya Mie Jawa. Rasanya memang sepertinya sedikit manis, seperti kebanyakan kuliner khas Jawa Tengah.
      Btw, kok melipirnya bikin indomie?? Rasanya mah jauh, ha ha ha

      Reply
  • 17/05/2016 at 13:36
    Permalink

    Favorit saya magelangan, langganan saya dulu warung bakmi di sebelah utara tugu. Tapi bakmi gerobakan juga tak kalah enak sih… hehe

    Reply
    • 17/05/2016 at 21:25
      Permalink

      Kalau di Jogja, favorit saya yang di JL Gowongan Kidul, sebuah gang di depan Hotel Grand Zuri, Jalan Mangkubumi. Serta kalau memang banyak waktu, makan di Bakmi Goreng Pak Pele, di Alun-alun Utara

      Reply
  • 18/05/2016 at 06:19
    Permalink

    saya suka mie apalagi bakmie, puas makannya karena disajikan porsi banyak, tapi belum pernah nyoba bakmi jogja nih, di bogor ada gak ya

    Reply
    • 18/05/2016 at 11:26
      Permalink

      Hmm, coba cari-cari mbak Ev di Bogor. Setelah nemu, jangan lupa dibuat postingan di Blog, sebagai panduan wisata kota Bogor 🙂

      Reply
  • 20/11/2016 at 13:05
    Permalink

    Boleh dicoba ini. Apa ada info juga bakmi yang dijual di dalam komplek WTC di jalan pemuda ? Beberapa waktu lalu sempat lihat dan dari tampilannya kelihatannya enak.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*