Mencicipi Es Krim di Heerlijk Gelato Café, Surabaya

Di hari sabtu malam, di akhir bulan Mei 2016 ini, saya dan istri mengunjungi salah satu cafe es krim di Surabaya bernama Heerlijk Gelato Café. Kebetulan hari itu hawa di kota Surabaya begitu gerah, sehingga kami ingin mencicipi es krim sambil menikmati suasana malam minggu di kota pahlawan tercinta ini.

Papan Nama Heerlijk Gelato Cafe
Papan Nama Heerlijk Gelato Cafe

Heerlijk Gelato Café berlokasi di sebuah bangunan bergaya arsitektur Eropa klasik yang terletak di JL Taman Mayangkara, Surabaya, berbagi gedung dengan Perpustakaan Bank Indonesia. Warga Surabaya biasanya mengenali bangunan tersebut sebagai bangunan eks museum Mpu Tantular dan hanya berjarak sekitar 100 meter sebelah utara dari Kebun Binatang Surabaya.

Membaca nama Heerlijk, saya langsung menebak bahwa kata itu berasal dari bahasa Belanda. Dan kemudian, dengan bantuan dari google translate, saya mendapati bahwa tebakan saya benar. Dari google translate pulalah saya juga mengetahui bahwa kata Heerlijk dalam bahasa Belanda berarti Lezat.

Dikarenakan lokasinya yang berada pada sebuah gedung peninggalan masa kolonial Belanda, yang juga merupakan bangunan cagar budaya Surabaya, desain interior Heerlijk Café mengusung gaya vintage, mulai dari papan nama, pemilihan meja dan bangku hingga penempatan asesoris kuno seperti radio tua, kaset, pesawat telepon kuno, di beberapa sudut ruangan.

Papan Nama Heerlijk Gelato Cafe
Papan Nama Heerlijk Gelato Cafe
Asesoris Radio Tua dan Kaset di Sudut Heerlijk Gelato Cafe
Asesoris Radio Tua dan Kaset di Sudut Heerlijk Gelato Cafe

Sambutan pertama yang kami terima dari café yang sudah memiliki tiga cabang di Surabaya ini, adalah daftar menu yang dibuat dengan cara yang cukup unik, yaitu memakai bahasa khas Surabaya. Judul dari daftar menu untuk makanan adalah Badogan, sedangkan untuk minuman adalah Ombenan. Berbagai kudapan dari yang ringan seperti dari kentang goreng, tahu goreng ataupun roti canai, hingga skala berat seperti nasi goreng, mie goreng dan nasi jamur tersedia di sana. Sedangkan untuk minumannya pengunjung bisa memilih menu standard rumah makan seperti es teh, es jeruk, aneka jenis soda dan juga jus buah. Tentu saja, karena mengusung nama Gelato sebagai nama café, menu es krim adalah andalan dari Heerlijk Gelato Café.

Daftar Menu di Heerlijk Gelato Cafe
Daftar Menu di Heerlijk Gelato Cafe

Soal harga, jangan khawatir, karena relatif ramah untuk kantong. Untuk makanan, berkisar antara 15 ribu hingga 30 ribu, sedangkan untuk minumannya, mulai dari 10 ribu hingga 30 ribuan. Untuk es krim, yang termurah adalah es krim cuncum (semacam ice cream cone kalau di McD) seharaga 9 ribu rupiah, sedangkan untuk varian es krim yang lain, harga bervariasi, mulai 15 ribu hingga 40 ribu.

Untuk menikmati berbagai aneka menu makanan dan minuman itu, Heerlijk Gelato Café menyediakan beberapa meja dan bangku kayu yang terletak di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Pada masing-masing meja, baik di dalam maupun di luar, dilengkapi dengan sebuah stop kontak, untuk memenuhi kebutuhan akan listrik bagi para pengunjungnya. Tersedia pula fasilitas wifi gratis yang di masa sekarang ini memang wajib tersedia karena merupakan kebutuhan primer bagi para pengunjung café.

Macbook, Iphone dan Es Krim di Heerlijk Gelato Cafe
Macbook, Iphone dan Es Krim di Heerlijk Gelato Cafe
Macbook dan Secangkir Kopi di Heerlijk Gelato Cafe
Macbook dan Secangkir Kopi di Heerlijk Gelato Cafe

Bagi saya dan istri, suasana di café ini cukup menyenangkan. Meski berada di pusat kota dan juga diapit oleh dua jalan raya besar di Surabaya, yakni Jalan Diponegoro dan Jalan Darmo, suasana tetap terasa tenang karena adanya pepohonan rindang yang tumbuh di mengelilingi bangunan yang dulunya pernah menjadi rumah dinas Gubernur Bank Indonesia.

Suasana Rindang di Gedung Perpustakaan Bank Indonesia
Suasana Rindang di Gedung Perpustakaan Bank Indonesia

Meski puas, tapi kami perkirakan, suasana akan lebih asyik lagi jika berkunjung ke café ini diwaktu siang atau sore, karena akan lebih terasa suasana hijau dan rindangnya. Bagi pecinta fotografi makanan, foto yang dihasilkan di siang maupun sore hari, sepertinya akan lebih bagus daripada di malam hari, karena sinar matahari yang menembus rindangnya dedaunan akan menghasilkan efek gelap terang yang menarik. Entah tebakan saya benar atau tidak, tetapi suatu hari nanti saya akan membuktikan hipotesa ini.

Bagi yang tengah berkunjung ke Surabaya, atau yang memiliki rencana datang ke Surabaya, mungkin café ini bisa menjadi salah satu lokasi yang cocok untuk disinggahi. Heerlijk Gelato Café buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 11 malam. Bagi yang ingin sekalian mengunjungi Perpustakaan Bank Indonesia, bisa datang kesana, sesuai dengan jam operasional perpustakaan, yakni jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

3 thoughts on “Mencicipi Es Krim di Heerlijk Gelato Café, Surabaya

  • 26/12/2016 at 12:38
    Permalink

    Ambience-nya sooo homey. Love this place! thanks for sharing :DD
    btw I was also writttting about this cafe on my blog. Check it out now, would you?

    Reply
  • 31/03/2017 at 13:05
    Permalink

    Jorok, ga terawat tempatnya, bantal2 kusam krn lama ga dicuci..harga es krim ga sesuai sama pelayanan yg diberikan..kuciwa..kayaknya baru2 buka aja jni tempat bagus…

    Reply
    • 31/03/2017 at 13:20
      Permalink

      Hmm, semoga pengelola tempatnya membaca kritikan ini ya, biar pelayanan jadi bagus kembali

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*