Indahnya Masjid Raya Makassar

Saat kunjungan keduaku ke Sulawesi Selatan, awal Juni 2012 yang lalu, aku dibuat takjub pada sebuah masjid yang terletak di salah satu sudut kota Makassar, tepatnya di Jalan Bulusaraung, Makassar. Sebuah masjid yang sangat megah dengan arsitektur perpaduan gaya eropa dan timur tengah. Warnanya yang putih bak pualam membuatnya sekilas tampak mirip bangunan Taj Mahal di India yang tersohor itu. Itulah masjid raya Makassar.

Dari informasi di internet, Masjid Raya ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1949. Karena banyaknya kebocoran disana-sini, serta untuk menambah jumlah kapasitas jamaah, Masjid pun akhirnya di renovasi total pada akhir tahun 1999 dan selesai pertengahan tahun 2005. Peresmian penggunaan kembali masjid ini dilakukan oleh Bapak Jusuf Kalla yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Tidak banyak yang bisa kuceritakan tentang masjid ini, karena aku hanya singgah selama 20 menit saja di Masjid ini. Kunjunganku ke masjid raya ini juga kebetulan. Saat perjalanan dari hotel menuju tempat kerja, aku melihat bangunan megah masjid ini. Saat itu jarum jam masih menunjuk jam 8 lebih 10 menitan. Karena acara baru dimulai jam 9 pagi, maka aku pun meminta pak sopir singgah beberapa menit, untuk sekedar mengambil gambar.

Pengennya sih waktu itu bisa bertemu dengan salah satu takmir masjid untuk mengetahui sejarah singkat masjid. Tapi karena keasyikan foto-foto, jadinya gak sempat. Mungkin foto-foto yang kushare disini bisa lebih bercerita banyak, bukannya gambar itu mewakili seribu kata-kata (ngeles dot com, he he he).

6 thoughts on “Indahnya Masjid Raya Makassar

  • 05/07/2012 at 10:28
    Permalink

    Waaah, itu masjid kebanggaan kota ku bang. Smoga Makassar tdk mengecewakan buat abang. Hihihihi sukses trus bang 🙂

    “Enggak bang.. Selama ini saya merasa nyaman di Makassar :)”

    Reply
  • 05/07/2012 at 11:14
    Permalink

    Keren as usual Sur poto-potonyaaahhh…

    Betewe dirimu kok bisa jalan-jalan terus sih? di bagian apa sih? Ada lowongankah?

    Eh Sur, sumpah aku ora iso mengenali dalam sekali lihat loh poto-poto mejengmu bareng temen2. Dirimu ada di salah satu di antara 4 orang itu kan?? *meragukan ingatan tentang Surya yang gagah* Hahahaha

    “Aku di bagian IT dan, masih sesuai background pendidikan.. hiks.. (lho kok malah nangis yo, he he).. Ini kebetulan ada projek di kantor Dan, jadinya Alhamdulillah bisa kerja sambil jalan-jalan, meski di rumah nyonyah teriak-teriak nyuruh pulang terus”

    Reply
  • 05/07/2012 at 13:56
    Permalink

    mesjidnya keren….fotonya juga keren
    gak tau nih klo yg motonya….keren juga gak…?
    hahahaha……

    Reply
  • 05/07/2012 at 18:51
    Permalink

    Aih..mesjidnya cantiik… Pasti berasa adem saat ibadah di sana ya… Makasih Surya, foto2 cantikmu membuatku seolah datang sendiri ke masjid ini 🙂

    Reply
  • 09/07/2012 at 09:14
    Permalink

    Iya iya, Surya…foto-foto disini bisa ngejelasin gimana megahnya mesjid di Makassar ini…earna mesjid yag nggak terlalu ‘rame’ membuat saya langsung suka dengan keindahannya…
    🙂

    ” 🙂 “

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*