Mencicipi Palubassa Serigala Yang Kaya Rasa

Salah satu makanan khas Makassar yang membuat saya penasaran adalah Palubassa. Sudah beberapa kali saya berkunjung ke Makasaar, tapi belum pernah singgah disana. Pada akhirnya di awal tahun 2018 ini, saya mewujudkan mimpi lidah saya untuk mengecap gurihnya Palubassa. Dan spesialnya, saya mencicipinya di restoran paling tersohor disini, Palubassa Serigala.

Semangkuk Palubassa Serigala
Semangkuk Palubassa Serigala

Palubassa ada sejenis makanan dengan bahan dasar daging sapi. Dinamakan Palubassa Serigala bukan karena dia dibuat dari daging serigala, tetapi lokasinya yang berada di Jalan Serigala. Daging sapi ini dipotong kecil-kecil dan kemudian di rebus dengan kuah yang beraneka bumbu. Salah satu keunikan Palubassa adalah pada kuahnya terdapat parutan kelapa. Kalau orang Jawa biasanya menyebutnya serundeng.

Palubassa disajikan dalam mangkuk kecil yang biasanya digunakan untuk menyajikan soto kudus atau soto bangkong. Sesaat setelah lidah saya menyesap kuah Palubassa untuk pertama kalinya, saya tersenyum bahagia. Lezat. Rasa kuah sekilas seperti rawon, tetapi serundengnya yang agak manis, membuat kuah Palubassa terasa sangat kaya rasa. Ada gurihnya, ada sedikit manis. Di setiap meja, terdapat semangkuk serundeng, bagi yang mungkin ingin menambah serundengnya. Daging Palubassa sangat lembut, sehingga gigi saya tidak mengalami kesulitan untuk mencabik serat-seratnya.

Papan nama Palubassa Serigala
Papan nama Palubassa Serigala
Papan nama Palubassa Serigala
Papan nama Palubassa Serigala

Ketika kuah Palubassa, parutan kelapa, daging berpadu dengan nasi hangat, hmmm, saya rasanya ingin berteriak. Sungguh sebuah rasa yang juara.

Panci besar kuah Palubassa Serigala
Panci besar kuah Palubassa Serigala

Bagi yang ingin menambah tingkat kegurihan dan kelegitan rasa dari Palubassa, bisa menambahkan kuning telur mentah. Dan itulah salah satu yang membuat Palubassa Serigala ini istimewa. Hanya saja saat bertandang kesana, saya sengaja hanya memesan Palubassa saja tanpa telur karena saya agak kurang suka telur mentah.

Bagi teman-teman yang ke Makassar, coba disempatkan singgah ke Palubassa Serigala. Rasanya benar-benar juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *