Mencicipi Kudapan Lezat Nan Murah di Demandailing Café n Eatery Surabaya

Beberapa hari yang lalu, saya baru saja berkunjung ke salah satu warung nongkrong, eh café, yang saat ini tengah hits di kalangan anak muda kota pahlawan, Surabaya, bernama Demandailing. Berlokasi di Jalan Raya Jemursari, Café yang memiliki nama lengkap, Demandailing Café n Eatery menawarkan sebuah konsep tempat nongkrong yang nyaman, artistik, lezat dan yang pasti, ramah di kantong.

Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Sebenarnya sudah lama, saya ingin berkunjung dan mencicipi aneka kudapan di sana. Apalagi jalan raya jemursari adalah salah satu jalan yang biasa saya lewati dalam perjalanan dari rumah menuju kantor. Tapi karena suatu hal, niat itu belum terlaksana.

Rame-rame di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Rame-rame di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Kesempatan itu pun datang beberapa hari yang lalu, saat saya tengah mengikuti sebuah acara diklat dari kantor. Kebetulan saat itu, salah satu rekan saya tengah merayakan ulang tahunnya, tepat di hari-hari terakhir kebersamaan kami di acara diklat, sehingga kami semua sepakat untuk mengagendakan acara makan bersama. Kebetulan pula, lokasi diklat dan demandailing café bisa ditempuh dengan berjalan kaki, karena jaraknya yang hanya sekitar 800 meter, sehingga tanpa diskusi yang terlalu panjang, semuanya bersepakat untuk makan-makan di demandailing café.

Aura artistik Demandailing café ini sudah terasa, begitu saya memasuki area halaman café yang sekaligus menjadi tempat parkir kendaraan. Kebetulan saya dan rekan-rekan berkunjung kesana saat petang baru saja berlalu, sehingga saya bisa melihat bagaimana cantiknya perpaduan exterior café, cahaya lampu dengan suasana langit malam yang masih biru.

Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Suasana artistik semakin terasa begitu memasuki ruangan café yang cukup luas. Dinding-dinding café, didesain sedemikian rupa, sehingga setiap sudutnya terlihat begitu cantik. Masing-masing sisi dinding, memiliki desain yang berbeda-beda. Beberapa pigura foto, bunga hias dan pernak-pernik unik yang menempel pada dinding café, menambah keindahan dan kesemarakan suasana. Desain dari lantai café juga menarik, dengan memilik keramik yang berwarna gelap yang dipadu padankan dengan aksen kayu.

Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Salah satu hal detil yang menurut saya sangat diperhatikan oleh pihak manajemen Demandailin café adalah pemilihan meja café dan lampu sebagai sarana pencahayaan. Untuk meja café dipilih meja kayu yang masih dilengkapi dengan serat-serat kayu. Meja ini dicat dengan warna kayu sehingga tampak alami, sesuai dengan aslinya.

Sedangkan untuk pencahayaan, Demandailing café tidak memasang lampu langsung di atap cafe, tetapi dipasang pada sebuah tempat yang berbentuk seperti caping atau topi petani. Dari atap café, terulur sebentang tali sepanjang sekitar 1.5 meter yang terikat pada caping. Dengan pemasangan lampu yang tidak terlalu jauh dari meja, membuat pencahayaan di sekitar area meja menjadi terang dan sangat baik untuk kegiatan memotret. Jadi, mungkin inilah salah satu alasan, kenapa semua obyek makanan di demandailing café ini kalau difoto jadi cakep dan instagramable. Di masa sekarang ini, promosi dari mulut ke mulut ataupun dari sosmed ke sosmed menjadi sebuah sarana promosi yang murah tapi tepat sasaran.

Bercerita tentang café, pastinya bercerita tentang lezatnya kudapan serta harganya karena core business dari sebuah café adalah jual beli makanan, dan juga minuman pastinya. Nah, kalau menurut saya, plus survey dari beberapa rekan diklat saya, keseluruhan makanan dan minuman di café ini sangat cocok di lidah alias lezat. Beberapa makanan yang saya cicipin mulai dari aneka pancake, kentang goreng, chicken curry, chicken katsu don, semuanya enak. Tapi ya memang sebenarnya saya ini pencinta makanan, jadi makanan apapun insya Allah rasanya enak di lidah saya, he he he.

Kentang Goreng di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Kentang Goreng di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Dengan rasa yang lezat, harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Bahkan beberapa teman saya, terutama yang dari Jakarta, mengatakan harganya sangat murah. Apalagi di beberapa menu, porsinya cukup besar sehingga bisa dimakan rame-rame. Harga minuman seperti aneka sajikan kopi harganya sekitar 20 ribuan. Sedangkan untuk snack seperti aneka pancake di hargai antara 20 hingga 30 ribuan. Untuk makanan berat seperti Chicken Curry atau Chicken katsu di harga sekitaran 50 hingga 70 ribuan.

Makanan dan minuman di Demandailing Café ini disajikan dengan menggunakan konsep plating yang sangat cantik, sehingga rasanya akan sayang sekali jika tidak memotretnya terlebih dahulu. Setelah terpotret, biasanya kita tidak tega menikmatinya, karena takut merusak desain platingnya, he he he. Bagi yang memesan sajian kopi seperti capuccino, maka bersiaplah untuk tidak tega meminumnya karena adanya hiasan yang sangat cantik di permukaan kopi yang disajikan.

Capuccino di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Capuccino di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Demandailing Café adalah sepanjang waktu, sedangkan waktu yang tepat adalah saat salah satu dari keluarga, rekan atau sahabat kita tengah merayakan ulang tahun, seperti saat saya dan rekan diklat kesana. Ketika pihak Demandailing café mengetahui, bahwa kedatangan kami kesana salah satunya adalah untuk merayakan hari ulang tahun, maka pihak Demandailing Café memberikan kami, satu porsi waffle gratis yang dilengkapi dengan beberapa batang lilin. Sebagai timbal baliknya, kami diharapkan bersedia di foto dengan sebuah kamera polaroid, dimana nanti hasil fotonya akan ditempelkan di salah satu dinding café sebagai sarana promosi. Hmm, bagi saya, sebuah promosi yang sungguh sangat menarik karena dipastikan menambah nilai engagement bagi pelanggan, seperti saya.

Ulang Tahun di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Ulang Tahun di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Ulang Tahun di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya
Ulang Tahun di Demandailing Cafe n Eatery Surabaya

Oiya, bagi yang mungkin tinggal ataupun kos di sekitaran Surabaya Timur, selain di Jalan Raya Jemursari, Demandailing Café ini juga memiliki cabang di Jalan Klampis Jaya Surabaya, di area dekat dengan Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

One thought on “Mencicipi Kudapan Lezat Nan Murah di Demandailing Café n Eatery Surabaya

  • 10/04/2017 at 11:27
    Permalink

    akhirnyaa.. diposting juga…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*