Lezatnya Banana Pancake Ala Krabi

Sebuah kudapan tersaji di tangan saya. Bentuknya persegi dengan ada beberapa potongan yang membaginya menjadi 9 bagian. Sekilas bentuk makanannya seperti martabak telor di Indonesia, hanya saja lebih tipis dan warnanya lebih cerah. Isinya juga bukan telor yang dicampur daging dan daun bawang, melainkan buah pisang. Itulah salah satu hal yang membuat saya rindu dan ingin kembali berkunjung ke wilayah Thailand Selatan, Banana Pancake.

Banana Pancake di Krabi
Banana Pancake di Krabi

Hampir di sepanjang jalan di area wisata Krabi seperti di pesisir pantai Ao Nang ataupun di Krabi Town, terdapat penjual banana pancake. Biasanya mereka mulai menggelar dagangannya di sore hari hingga malam hari. Bagi saya, dan juga istri, banana pancake ini sungguh lezat. Dan yang terpenting lagi, halal. Untuk harga, masih relatif terjangkau. Saat kunjungan terakhir saya ke Krabi, di sekitar bulan Februari 2015 silam, harga dari Banana Pancake ini sekitar 40 baht, atau sekitar 16 ribu rupiah (Kurs 1 baht = 400 rupiah).

Bahan untuk membuat pancake banana ini relatif mudah. Hanya ada dua bahan utama, yaitu tepung untuk membuat kulit pancakenya dan buah pisang. Tepung di bentuk sedemikian rupa hingga berbentuk bulatan-bulatan kecil seperti yang biasa dilihat di tukang martabak di Indonesia. Bulatan-bulatan tepung itu kemudian di tekan-tekan hingga melebar dan memipih hingga setipis mungkin, tetapi jangan sampai robek. Setelah itu tepung yang tipis itu di goreng diatas wajan yang permukaannya hampir rata. Kurang lebih sepuluh detik kemudian, taruh irisan pisang di atas tepung tersebut. Setelahnya, ujung-ujung tepung dilipat hingga membungkus buah pisang. Goreng secukupnya, sekitar 3 menit, dan kemudian angkat dari penggorengan. Sebelum disajikan, banana pancake diberi topping sesuai selera, seperti susu, cokelat meses ataupun keju, dan kemudian dipotong-potong hingga menjadi 9 bagian agar memudahkan untuk dimakan.

Stand Banana Pancake di sekitar pantai Ao Nang, Krabi
Stand Banana Pancake di sekitar pantai Ao Nang, Krabi
Saya dan Banana Pancake
Saya dan Banana Pancake

Kalau dilihat-lihat, sebenarnya bahan dan cara pembuatan dari banana pancake ini relatif mudah, tapi entah mengapa, sejauh ini masih sangat jarang penjual banana pancake di Indonesia. Mungkin hanya sedikit sekali orang Indonesia yang menggemari kudapan lezat ini. Di Surabaya sendiri, saya hanya menemui satu tempat saja yang menjual banana pancake ini, yakni di rumah makan As Salam yang berlokasi di Jalan Pucang Anom Timur dan di Jalan Margorejo Indah. Itupun rasanya cukup berbeda meskipun berbahan dasar yang relatif sama.

Ah, gara-gara nulis ini saya jadi pengen main-main lagi ke Thailand Selatan euy. Setelah Krabi dan Phuket, kayaknya cocok juga kalau ke Surathani. Saya beneran kangen akan lezatnya banana pancake. Kayaknya postingannya diakhiri sampai disini dulu ya, karena saya mau berburu tiket promo dulu, he he he.

3 thoughts on “Lezatnya Banana Pancake Ala Krabi

  • 11/06/2016 at 22:12
    Permalink

    Yang gw inget di krabi cuman makan kepiting sama cumi bakar doang hehehe

    Reply
    • 03/07/2016 at 16:32
      Permalink

      Wekekeke, seafoodnya emang mantap disana Omcum

      Reply
  • 22/12/2016 at 21:39
    Permalink

    banana pancake aku blm pernah rasain tu … paling cuman pancake durian aja yg udah pernah … hiks hiks …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*