Bahaya Mengunggah Foto Boarding Pass di Internet

Salah satu hobi bagi kebanyakan orang sebelum naik pesawat di masa sekarang adalah memotret boarding pass dan kemudian mengunggahnya ke internet. Salah satu orang yang memiliki kegemaran berbagi boarding pass ini adalah saya sendiri. Terus terang, saya tidak bermaksud untuk pamer, tetapi hanya sekedar mendokumentasikan sejarah perjalanan saya.

Tiket dan Boarding Pass
Tiket dan Boarding Pass

Tapi, dalam waktu dekat ini, saya mungkin harus segera mengakhiri kebiasaan saya tersebut karena saya menemukan beberapa artikel di internet yang menjelaskan potensi bahaya yang mengancam ketika kita menggunggah foto boarding pass di sosial media.

Kita tahu boarding pass adalah secarik kertas yang dicetak oleh pihak maskapai penerbangan sebagai tanda masuk ke pesawat. Salah satu elemen penting dalam Boarding pass adalah adanya barcode. Bagi maskapai yang sudah menerapkan sistem elektronik, pada saat panggilan boarding, barcode ini akan dibaca oleh sebuah peralatan yang dilengkapi dengan scanner barcode. Scanner barcode ini kemudian akan membaca dan menerjemahkan seluruh informasi yang terdapat pada barcode tersebut dan secara otomatis memasukkan datanya ke dalam data manifest penerbangan.

Selain nama penumpang, nomor identitas penumpang, nomor telepon penumpang, nomor penerbangan dan nomor kursi, beberapa data yang terdapat pada barcode boarding pass antara lain nomor frequent flyer, jika ada, hingga mungkin sejarah penerbangan sebelumnya serta daftar rencana penerbangan penumpang tersebut selanjutnya.

Dengan begitu banyaknya informasi penting dan rahasia yang terdapat dalam barcode, membuat sangat tidak disarankan untuk mengunggah foto boarding pass yang dilengkapi oleh barcode itu, kedalam internet. Jika seseorang nekat menggungahnya, itu artinya seseorang itu sudah siap, jika datanya diakses orang lain.

Salah satu blog yang membahas seputar keamanan internet, KresbonSecurity, menyatakan pada salah satu artikelnya, bahwa di belantara dunia maya ini, banyak sekali website yang dapat membaca data barcode. Pada artikel tersebut diceritakan pengalaman salah satu pembaca setia KresbonSecurity bernama Cory, yang pernah merasa penasaran akan data yang tersimpan di sebuah barcode dari foto boarding pass milik temannya. Foto itu kemudian diunduhnya dan kemudian dengan mudah dia menemukan sebuah situs yang dapat men-decode data barcode tersebut. Saat itu dia cukup tercengang dengan berbagai data yang terdapat di dalam barcode tersebut.

Hal ini tentu tidak bisa dianggap sepele. Terkadang seseorang merasa tidak memiliki musuh, sehingga dia merasa tidak masalah kalaupun datanya tersebar. Tetapi, ketika data itu jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan data tersebut untuk melakukan sebuah tindak kejahatan, tentu saja akan sangat berbahaya. Ingatlah bahwa dunia internet adalah sebuah hutan belantara yang mana para hacker bisa berkeliaran dengan cukup bebas.

Untuk itu jangan mengunggah foto boarding pass di internet. Kalaupun memang ingin melakukannya, maka jangan sertakan unsur barcode pada foto boarding pass yang akan diunggah. Bisa dengan cara tidak memotret bagian yang ada barcodenya ataupun menutupi barcodenya. Tapi memang akan lebih aman jika tidak mengunggahnya. Mari lindungi data diri kita dengan baik.

3 thoughts on “Bahaya Mengunggah Foto Boarding Pass di Internet

  • 26/05/2016 at 07:38
    Permalink

    Suryaaaaa…
    Untunglah aku mah gak pernah aplod foto boarding pass…ehm, soalnya jarang naik pesawat juga bhahaaha *tertawa getir*

    Aku mah aplodnya foto para kekasih hati yang ada di Kdramaland aja hehe…*konsisten anaknya*

    Reply
    • 26/05/2016 at 08:05
      Permalink

      Ha ha ha, owkeh deh mbak. Kalau moto belahan hati jangan sering2 mbak Erry, nanti ga lulus sensor lho 😀

      Reply
  • 14/08/2016 at 02:33
    Permalink

    Waduh satu kesalahan udh diperbuat, diblog terpampang nama penumpang dengan jelas..
    Lain kali mesti hati-hati ini. Dunia jaman sekarang ini bener-bener bahaya deh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*