Tiga Tempat Terbaik untuk Berburu Night Shoot di Singapura

Singapura adalah salah satu kota di dunia yang terkenal sangat subur bagi tumbuhan beton pencakar langit. Gedung-gedung bertingkat tinggi yang ada di negeri singa ini tidak hanya megah, tetapi juga memiliki cita rasa arsitektur yang sangat tinggi.

Merlion dan Marina Bay Sands
Merlion dan Marina Bay Sands

Saat malam tiba, Singapura terlihat bermandikan cahaya dengan gemerlapan lampu yang bersumber dari gedung-gedung bertingkat ini. Cahaya yang beraneka warna yang tak jarang diselingi lampu sorot yang bergerak-gerak membuat Singapura tampak berkilau. Suasana menjadi lebih indah ketika ada sungai ataupun danau buatan yang berada di sekeliling gedung yang menjulang itu karena gemerlapan lampu gedung itu akan membuat refleksi cahaya yang sangat cantik pada permukaan air.

Bagi saya, mengunjungi Singapura bukan sekedar melakukan perjalanan wisata, tetapi lebih pada memuaskan hasrat untuk memotret night shoot. Bagi penggemar fotografi landscape malam atau arsitektur, Singapura adalah salah satu tempat di dunia yang sangat sempurna untuk memenuhi panggilan hati. Apalagi ketika ada event besar yang tengah berlangsung di sana seperti acara pergantian tahun, balap mobil Formula 1 ataupun pada hari kemerdakaan, dijamin, suasana malam di Singapura akan semakin gemerlap.

Berikut adalah tiga tempat terbaik untuk berburu fotografi malam versi saya sendiri. Tentu saja tiga tempat ini adalah tempat yang sudah pernah saya kunjungi di Singapura.

Merlion Park

Berkunjung ke Singapura, kurang lengkap rasanya jika belum singgah di Merlion Park karena disinilah ikon Singapura berupa patung ikan berkepala Singa yang bernama Merlion berada. Ratusan bahkan ribuan wisatawan mengunjungi Merlion Park setiap harinya, terutama ketika malam tiba. Selain melihat patung Merlion yang memuntahkan air, dari Merlion Park ini pengunjung bisa menikmati pemandangan megah dari salah satu hotel dengan desain arsitektur yang sangat unik di dunia, Marina Bay Sands. Antara Marina Bay Sands dan Merlion Park dipisahkan sebuah sungai yang bermuara di teluk Marina.

Permainan Laser dari Marina Bay Sands

Setiap malam, Marina Bay Sands menyajikan pertunjukan tarian sinar laser yang bergerak mengikuti irama lagu. Perpaduan antara warna-warni laser di Marina Bay Sands dan lampu dari perahu wisata yang berkeliling sungai yang dipantulkan oleh permukaan air membuat pemandangan malam di Merlion Park sangat cantik.

Esplanade
Esplanade

Dari merlion park ini pula, pengunjung bisa menyaksikan bangunan Esplanade yang atapnya berwarna-warni.

Youth Olympic Park

Youth Olympic Park adalah sebuah taman yang terletak di sekitar Bayfront Avenue. Untuk menuju kesana, traveler bisa naik MRT sampai stasiun Bayfront. Setelah itu dari stasiun, berjalan kaki ke arah utara sejauh 1 km melewati Art Science Museum dan juga jembatan pejalan kaki yang desainnya terinspirasi dari struktur DNA, The Helix Bridge. Youth Olympic Park juga dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 1 km dari Merlion Park, melewati bangunan Espalande.

Helix Bridge
Helix Bridge

Saat malam tiba, pemandangan di sekitar Youth Olympic Park ini sangat cantik dengan jembatan The Helix Bridge menjadi primadona. Jembatan yang dibuka untuk umum sejak tahun 2010 ini menjadi pelengkap pemandangan malam dari Marina Bay Sands dan Art Science Museum.

Clarke Quay

Clarke Quay adalah nama dari sebuah dermaga yang sangat bersejarah di Singapura. Lokasinya terletak tepat di tepi Singapore River. Nama Clarke diambil dari nama Sir Andrew Clarke, seorang berkebangsaan Inggris yang pernah menjadi Gubernur di Singapura, tepatnya di tahun 1873 hingga 1875. Pada masa lalu, Singapore River adalah pusat dari perdagangan Singapura dengan Clarke Quay sebagai dermaga utamanya.

Clarke Quay
Clarke Quay

Saat ini Clarke Quay adalah salah satu tempat nongkrong terbaik yang ada di Singapura. Pemandangan hilir mudik kapal wisata yang berkeliling Singapore River dan gemerlapan lampu dari puluhan restoran yang berada disana, membuat malam di Clarke Quay begitu mempesona.

Clarke Quay
Clarke Quay

Salah satu keunikan di Clarke Quay adalah bangunan restorannya yang merupakan bekas gudang yang dulunya pernah mendominasi area ini. Di Clarke Quay juga terdapat restoran terapung yang dulunya adalah kapal tongkang yang dulu sangat sering lalu lalang di kawasan ini.

Salah satu tempat terbaik untuk memotret di Clarke Quay adalah di depan Clarke Quay Central dan diatas Read Bridge atau juga dikenal sebagai Malacca Bridge, sebuah jembatan untuk pejalan kaki yang melintasi Singapore River.

Itu tadi tiga lokasi terbaik untuk berburu fotografi malam di Singapura. Selamat berwisata dan selamat memotret.

One thought on “Tiga Tempat Terbaik untuk Berburu Night Shoot di Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*