Lima Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Traveling Ke Luar Negeri

Saat ini, traveling sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian besar manusia di dunia. Adanya maskapai penerbangan murah ditambah dengan bermunculannya sosial media, mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram hingga generasi baru macam Steller dan Snapchat, menjadikan semakin hari semakin banyak penjelajah di bumi ini. Kantor imigrasi sibuk dengan banyaknya permintaan pembuatan passpor baru maupun perpanjangan passpor. Gerbang imigrasi di bandara, pelabuhan, stasiun, dipenuhi antrian wisatawan.

Keliling Dunia
Keliling Dunia

Bagi penjelajah yang baru saja akan memulai perjalanan keliling dunia, berikut lima hal yang harus disiapkan sebelum berkunjung ke luar negeri.

Passpor dan fotocopynya.

Passport dan Visa (Sumber : http://www.otis.edu/international-students/international-student-services)
Passport dan Visa (Sumber : http://www.otis.edu/international-students/international-student-services)

Passpor adalah kartu identitas seseorang ketika berkunjung ke luar negeri karena itu wajib bagi traveler untuk memiliki Passpor sebelum berkunjung ke Luar Negeri. Jangan lupa siapkan pula fotocopy Passpor untuk berjaga-jaga jika ternyata passpor hilang selama di luar negeri. Fotocopy ini nantinya akan menjadi salah satu dasar dari kantor kedutaan negara untuk menerbitkan passpor pengganti. Oleh karena itu, jangan lupa pula ya untuk mencatat alamat dan nomor telepon kantor kedutaan atau konsulat jenderal di negara/kota tujuan.

Visa.

visa-schengen
Visa (Sumber : http://en.turizmglobal.com/does-schengen-visa-is-abolished-for-turkish-citizens/)

Visa adalah surat izin untuk memasuki sebuah negara. Sebelum berangkat ke Luar Negeri, periksa terlebih dahulu, apakah negara yang akan dikunjungi membutuhkan Visa atau tidak untuk passpor anda. Jika tidak membutuhkan Visa ataupun ada fasilitas Visa on Arrival, maka kita bisa langsung berangkat. Tetapi, ketika membutuhkan Visa, maka kita harus membuat permohonan visa terlebih dahulu di kantor kedutaan besar negara tujuan.

Uang.

Euro and US Dollar
US Dollar dan Euro (Sumber : http://www.worthynews.com/21989-eu-us-open-new-round-of-free-trade-talks)

Uang adalah syarat wajib selanjutnya jika akan traveling ke Luar negeri. Uang disini tentu saja adalah uang yang diakui secara luas di dunia internasional seperti US Dollar atau Euro. Jika memiliki kartu kredit, bisa juga dibawa, tetapi pastikan tetap berbelanja di merchant yang aman.

Itinerary.

Catatan Itinerary
Catatan Itinerary

Salah satu hal yang harus disiapkan sebelum berangkat ke luar negeri adalah Itinerary. Itinerary adalah syarat wajib jika kita ingin perjalanan kita baik dan optimal. Itinerary yang baik akan sangat membantu dalam perencanaan anggaran maupun waktu. Beberapa hal yang penting untuk dituliskan dalam itinerary adalah, transportasi umum dari dan ke bandara atau stasiun, transportasi umum untuk menjelajah kota, lokasi wisata dan biaya masuknya, lokasi makan, lokasi hotel dan masih banyak lagi. For Your Information, Itinerary juga menjadi syarat wajib dalam permohonan Visa.

Kamera.

Camera
Camera

Dan hal terakhir yang harus disiapkan sebelum traveling ke luar negeri adalah Kamera. Saya rasa, saya tidak perlu menjelaskan lagi, mengapa kamera begitu penting dalam traveling.

Itulah lima hal yang harus disiapkan sebelum traveling ke Luar Negeri. Jika kelimanya sudah ada, maka teman-teman sudah siap untuk melakukan perjalanan ke Luar Negeri. Happy Traveling yak.

Versi Bahasa Inggris dari postingan saya ini ada di blog saya yang lain, www.triptotheworld.com.

2 thoughts on “Lima Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Traveling Ke Luar Negeri

  • 06/05/2016 at 23:16
    Permalink

    Tips yang handal!! Kalau boleh menambahkan, ada baiknya, selain fotokopi paspor, juga scan paspor dan disimpan di e-mail atau handphone. Kalau ada apa-apa bisa melihat versi digitalnya 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*