Mengunjungi Masjid Negara Malaysia

Bagi kaum muslimin yang tengah berkunjung di Kuala Lumpur, Malaysia, kurang lengkap rasanya kunjungannya ke Kuala Lumpur kalau belum singgah ke Masjid Negara Malaysia, salah satu masjid megah, cantik dan bersejarah yang ada di Malaysia. Lokasinya yang sangat strategis, berdekatan dengan Stasiun Kereta Tanah Melayu (KTM) Kuala Lumpur, membuat Masjid Negara Malaysia sangat mudah dijangkau. Masjid ini juga bisa dicapai dengan menggunakan bus gratis Go KL (Red Line) dari KL Sentral serta merupakan salah satu halte pemberhentian dari bus wisata keliling Kuala Lumpur, KL Hop-On Hop-Off.

Suasana Malam di Masjid Negara Kuala Lumpur
Suasana Malam di Masjid Negara Kuala Lumpur

Masjid yang dalam bahasa Inggris bernama National Mosque of Malaysia ini, dibangun selama 2 tahun, mulai dari tahun 1963 hingga 1965. Dibangun diatas lahan seluas 13 ekar (atau sekitar 5.2 hektar), Masjid Negara ini pernah menjadi masjid terbesar yang ada di seantero Malaysia dengan daya tampung mencapai 15000 jamaah dalam satu waktu.

Masjid yang baru saja merayakan hari jadinya ke 50 pada tahun 2015 lalu, dirancang oleh arsitek lokal, Dato’ Baharuddin Abu Kassim yang terinspirasi dari gaya arsitektur Arab yang dipadukan dengan adat melayu. Jika dilihat dari halaman depan, Masjid ini tampak menyerupai rumah panggung khas Melayu dengan adanya tonggak yang menyangga selasar masjid. Sedangkan dinding Masjid yang tidak padat dan berukiran merupakan salah satu ciri khas dari gaya arsitektur Arab. Ketika siang hari, dinding-dinding yang juga berfungsi sebagai ventilasi udara ini, akan menghasilkan bayangan siluet yang fotogenic.

Masjid Negara Kuala Lumpur di Pagi Hari
Masjid Negara Kuala Lumpur di Pagi Hari
Dinding berongga di Masjid Negara KL
Dinding berongga di Masjid Negara KL

Salah satu ciri khas dari Masjid Negara Malaysia ini adalah menara setinggi 245 kaki dengan bentuk payung menguncup yang sekilas seperti sebuah roket yang siap meluncur. Menara ini dapat dilihat hingga kawasan Central Market yang berjarak sekitar radius 500 meter dari Masjid. Menara bercat putih ini kemudian dipadukan dengan atap masjid yang berbentuk seperti payung yang tengah terbuka berwarna hijau. Benar-benar masjid yang sangat cantik. Apalagi jika dilihat dari udara.

Kubah Masjid Negara KL
Kubah Masjid Negara KL
Masjid Negara KL
Masjid Negara KL
Masjid Negara Kuala Lumpur, Malaysia
Masjid Negara Kuala Lumpur, Malaysia

Disekitar kaki menara terdapat kolam air yang membuat suasana Masjid menjadi makin indah, terutama jika di malam hari. Sedangkan di sisi timur Masjid dihiasi oleh puluhan air mancur yang menambah kesan segar. Tak salah kiranya jika masjid negara ini menjadi salah satu masjid cantik di Malaysia dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kuala Lumpur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*