Potret Stasiun Minggiran Kediri

Stasiun Minggiran adalah sebuah stasiun kelas III/kecil yang terletak di Desa Minggiran, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Stasiun ini berada tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kertosono dan Kediri.

Stasiun Minggiran, Kediri
Stasiun Minggiran, Kediri

Dilihat dari bentuk bangunannya, saya memperkirakan stasiun ini sudah ada sejak masa pendudukan Hindia Belanda. Pondasi dan tiang-tiang kolomnya yang terbuat dari batu kali yang dicat dengan warna hitam dan putih, semakin menguatkan aroma masa lalu dari stasiun yang terletak pada ketinggian +56 m ini.

Stasiun Minggiran mempunyai dua jalur, dengan jalur satu sebagai jalur lurus. Sejak dua tahun lalu, stasiun ini hanya melayani persilangan kereta api saja dan sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat naik dan turunnya penumpang.

Stasiun Minggiran, Kediri

Sejak lama saya ingin singgah dan memotret di stasiun kecil nan eksotis seperti stasiun Minggiran. Entahlah, saya sangat suka memotret bangunan-bangunan tua seperti ini. Saya merasa ada sepenggal kenangan masa lalu yang seolah merasuk dalam diri saya. Ada sebuah cerita nostalgia yang membuat saya menjadi bersemangat. Selain itu, secara tidak langsung tentunya, saya jadi belajar sejarah.

Stasiun Minggiran, Kediri

Stasiun Minggiran, Kediri

Sebelum memotret, saya meminta izin dulu dari petugas keamaan stasiun untuk memotret, dan alhamdulillah, saya diperbolehkan. Jadi selamat menikmati masa lalu dari foto-foto stasiun Minggiran Kediri.

One thought on “Potret Stasiun Minggiran Kediri

  • 30/03/2016 at 20:56
    Permalink

    Iya mbak, seperti bernostalgia ke masa lalu, padahal di masa lalu itu kita belum lahir ya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*