Guratan Senja di Kampung Hirata

Diantara bebatuan granit berukuran raksasa, dengan ditemani dengan semilir angin dan riak-riak kecil air laut, saya menatap langit barat di suatu sore yang begitu hangat. Sinar sang surya yang sudah tergelincir dari puncaknya itu terasa sangat nyaman. Sayangnya, gugusan awan gelap nan tebal, menutupi hampir sebagian besar kaki langit di ufuk barat hari itu, sehingga keinginan untuk mengantarkan surya, sang bintang senja, menuju peraduannya hari itu tidak bisa terpenuhi. Jadilah, senja di sore itu menjadi senja yang tak sempurna.

Suasana Senja di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Suasana Senja di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Mungkin senja sore itu bukanlah senja terindah yang pernah saya saksikan. Tetapi bagi saya, tetap terasa spesial. Senja sore itu adalah senja pertama setelah gerhana matahari total yang terjadi beberapa jam sebelumnya. Lebih istimewa lagi, saya menikmati senja itu di sebuah tempat yang tidak biasa, di sebuah pantai bernama Tanjung Tinggi, di negeri laskar pelangi, di kampung Andrea Hirata, Belitung.

Sepertinya pantai yang terletak di bagian utara dari pulau Belitung ini merupakan favorit para pemburu senja. Sejak pukul 5 sore, puluhan fotografer, lengkap dengan kamera dan tripod yang terhunus, sudah bersiap di pantai yang popularitasnya melejit setelah menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi. Kombinasi antara pantai, pasir putih, guratan cakrawala ditambah dengan onggokan bebatuan besar yang merupakan ciri khas pulau di selat karimata itu, memang sangat menawan.

Suasana Senja di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Suasana Senja di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Ketika petang menjelang, suara shutter para fotografer semakin merdu bersahut-sahutan. Suasana makin sunyi, sehingga suara shutter yang begitu lirih bisa terdengar. Di kolong langit, guratan-guratan cakrawala semakin merekah. Mereka bersinergi melukis langit dengan warna-warni merah, jingga, dan kuning. Warna biru yang telah hampir 12 jam menghias langit, seolah robek dan mulai berganti dengan warna biru gelap. Ah, lukisan karya-Nya yang sungguh indah.

Suasana Senja di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Suasana Senja di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Saat kegelapan mulai menyergap hari, saat langit sudah menghitam, saat itu pula tiba waktunya bagi saya untuk beranjak. Puluhan frame saya bekukan sore itu, dan saya berharap, suatu hari nanti, saya bisa kembali ke pantai ini. Dan ketika waktu itu datang, saya yakin akan mendapatkan senja yang berbeda, senja yang lebih indah.

17 thoughts on “Guratan Senja di Kampung Hirata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*