Long Tail Boat, perahu si Gajah Putih

Sudah lama aku ingin merasakan sensasi menumpang Long-Tail Boat, perahu khas Thailand. Tepatnya sejak membuat rencana perjalanan ke Phuket lebih dari tiga tahun silam. Saat itu, setiap menemukan informasi tentang Phuket ataupun Phi-phi Island, baik dari blog maupun web travel, selalu ada foto si Long-Tail Boat menghiasi halamannya.

Long Tail Boat di Krabi
Long Tail Boat di Krabi

Sayangnya, impian itu belum bisa terwujud tiga tahun silam. Ketika itu, aku hanya mempunyai waktu 3 hari di Phuket. Agenda di masing-masing hari sangat ketat karena aku mengikuti full day tour, yaitu city tour, james bond island tour dan phi phi island tour sehingga tidak ada waktu lagi untuk sekedar menghabiskan waktu di pantai dan menumpang Long-Tail Boat. Sempat berharap, bisa menyewa Long-Tail Boat saat Phi Phi Island Tour. Tepatnya ketika jam istirahat makan siang di Phi-phi Island. Tapi pada akhirnya terpaksa kubatalkan. Selain karena waktu yang tidak memungkinkan, ada kegiatan lain yang juga cukup menarik untuk dilakukan selama rehat di Phi-Phi islands. Penjelajahan.

Mimpi itu akhirnya terwujud tiga tahun berselang. Pengalaman tak terlupakan itu kudapatkan saat menempuh perjalanan dari Ao Nang Beach, Krabi menuju Railey Beach. Meski durasi perjalanan cukup pendek, hanya 10 menit saja, tetapi meninggalkan kesan yang cukup dalam buatku. Riak-riak laut andaman yang relatif tenang siang itu membuat perjalanan terasa nyaman. Sesekali hantaman haluan perahu memecah air laut dan membentuk butir-butir kecil air yang terbang dan terpercik hingga ke wajah dan badanku.

Sekilas Long-Tail Boat memiliki bentuk seperti perahu pada umumnya. Bahan dasarnya adalah kayu dan tidak bercadik. Untuk bergerak, perahu ini menggunakan motor yang terletak di buritan perahu. Motor pada perahu yang konon asli dari negeri gajah putih ini unik, karena antara motor dan baling-baling penggeraknya dipisahkan oleh sebuah tongkat besi yang cukup panjang. Untuk menggerakkan perahu, cukup dengan menyalakan mesin dan memasukkan baling-baling kedalam air. Sebaliknya jika ingin berhenti, maka angkat baling-baling dari air.

Tongkat besi ini sekaligus menjadi pengendali arah gerakan kapal. Dengan tongkat pengendali yang panjang ini, dimungkinkan bagi perahu untuk berputar 180 derajat tanpa perlu berpindah tempat. Mungkin tongkat besi yang panjang inilah yang membuat perahu ini dinamakan Long-Tail Boat. Hanya menebak.

Kabin penumpang terletak di tengah-tengah perahu yang ditata menghadap ke arah haluan. Demi kenyamanan penumpang, beberapa perahu sudah terpasang kanopy kain di atas kabin. Terutama untuk perahu yang digunakan untuk sarana transportasi wisatawan.

Bagian paling menarik dan fotogenic dari Long-Tail Boat adalah bagian haluan. Ada sebuah balok kayu yang sengaja dipasang cukup tinggi di bagian haluan kapal sehingga hampir terlihat seperti tiang depan kapal. Pada balok ini dipasang berbagai kain dengan aneka warna yang membuat perahu tampak lebih cantik.

Ukuran Long-Tail Boat bervariasi, mulai dari yang kecil, dengan panjang sekitar 7 meteran dan berkapasitas maksimal hanya 10 penumpang, hingga yang besar, dengan panjang sekitar 30 meter dan mampu mengangkut lebih dari 50 penumpang. Di daerah Thailand selatan seperti Phuket atau Krabi, Long-Tail Boat adalah sarana transportasi air utama. Perahu cantik ini bisa digunakan sebagai angkutan umum, maupun disewa secara khusus.

Bagaimana, tertaik untuk merasakan sensasi serupa?

4 thoughts on “Long Tail Boat, perahu si Gajah Putih

  • 12/05/2015 at 21:14
    Permalink

    Wah seru kayaknya Sur. Besok akhir bulan ini mau ke sana. Tapi gak tahu deh ada naik perahu ini apa gak.

    Reply
  • 05/08/2015 at 09:23
    Permalink

    Nggak ah, Sur…saya suka mabuk kalo naik kendaraan yang berayun-ayun begitu, jangankan naik perahu, naik ayunan aja saya pusing…hihihi…norak ternyata!
    Oya, tau kursi goyang kan?
    Duluuuu sekali, di rumah orang tua saya ada kursi itu, dan tiap saya duduk goyang-goyang, udahnya saya pasti mual…
    🙁

    Reply
  • 05/08/2015 at 09:24
    Permalink

    Thanks infonya, Surya…long tail boat ini cukup saya nikmati foto dan ceritanya aja, prakteknya mah diwakilin Surya dan Dewi aja deh….hehehehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*