Worldwide Instameet XI Surabaya

Sejak beberapa bulan terakhir ini, aku mencoba untuk lebih aktif dan serius di Instagram. Aku sudah pernah menulis kisahnya disini. Parameter aktif disini adalah aku mencoba untuk lebih sering meng-upload foto, me-like foto yang menuruku bagus dan juga mem-follow akun yang memang foto-fotonya berkualitas. Sedangkan parameter serius adalah, foto yang ku-upload bukan lagi foto sembarangan yang kuambil dengan ponsel, tetapi memang koleksi fotoku yang selama ini lebih sering ku-upload di Flickr.

World Wide Instameet 11 Surabaya
World Wide Instameet 11 Surabaya

Nah, karena keaktifanku itu, akhirnya aku tahu bahwa instagram mempunyai sebuah komunitas besar di seluruh dunia yang setiap periode tertentu mengadakan semacam acara hunting foto bersama-sama. Acara itu diberi nama WWIM, yang kepanjangannya adalah WorldWide Instameet. Adapun maksud dari instagram menyelenggarakan event itu adalah agar para user instagram bisa saling berkenalan dan lebih akrab di dunia nyata, terutama untuk para user yang satu daerah. Hmm, ide yang cukup brilian.

WWIM 11 Surabaya
WWIM 11 Surabaya

Hingga bulan Maret 2015 ini, sudah ada 11 event, dimana event terakhir yakni WWIM XI diselenggarakan tanggal 21 – 22 Maret 2015. Dari akun instagram @instameetindonesia, aku melihat antusiasme yang sangat luar biasa dari para instagramers di Indonesia untuk meramaikan event WWIM. Banyak penggiat instagram membuat kegiatan WWIM di kotanya masing-masing, seperti Jakarta, Bekasi, Tegal, Pemalang, Cikarang, Gresik, Temanggung, Yogyakarta, Semarang dan tentu saja kotaku tercinta Surabaya. Bahkan untuk Surabaya, ada dua event WWIM yang diselenggarakan secara serentak di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Kenjeran Park dan juga Stasiun Sidotopo.

Untuk event kali ini, alhamdulillah, aku tidak ketinggalan berita dan bisa ikut bergabung bersama rekan-rekan instagramer Surabaya, hunting foto, di Stasiun Sidotopo. Belum apa-apa, aku sudah memperoleh banyak sekali ilmu dari kegiatan ini. Sungguh, aku baru tahu, bahwa di Surabaya, ada sebuah stasiun yang cukup besar, bernama Stasiun Sidotopo. Stasiun yang terletak di Jalan Sidotopo Wetan Surabaya ini, total memiliki lebih dari 18 jalur rel atau yang biasa disebut emplasemen. Dengan 18 emplasemen, Stasiun Sidotopo adalah stasiun dengan jalur rel terbanyak di Indonesia.

Selama ini, Stasiun Sidotopo tidak dimanfaatkan sebagai stasiun pemberangkatan penumpang, tetapi lebih berfungsi sebagai tempat parkir gerbong dan juga bengkel, terutama untuk perbaikan lokomotif. Selain itu, Stasiun Sidotopo juga dipenuhi dengan berbagai lokomotif dan gerbong rusak, yang tertumpuk di salah satu sudut Stasiun. Ini menjadikan Stasiun Sidotopo layaknya kuburan bagi lokomotif maupun gerbong-gerbong lama.

Dengan kondisinya yang seperti tak terawat dengan dijejali berbagai macam bangkai kereta, Stasiun Sidotopo justru tampak fotogenic di mata beberapa penggiat foto. Ada kesan klasik dan tua.

Terima kasih aku ucapkan kepada rekan-rekan dari komunitas instameetIndonesia, khususnya instameetSurabaya yang sudah mengadakan event acara yang sungguh seru dan menarik ini. Apalagi melihat kenyataan bahwa Stasiun Sidotopo sebenarnya tidak dibuka untuk masyarakat umum, kecuali hanya ketika ada event besar seperti WWIM ini, sehingga aku beruntung sekali bisa ikutan hunting foto, menambah teman (dan juga follower tentunya) serta juga menambah pengetahuan. Tidak sabar rasanya menunggu WWIM XII yang pastinya lokasinya akan berbeda dan kemungkinan besar makin ramai, karena makin banyak yang tahu tentang WWIM.

Mari memotret!!

13 thoughts on “Worldwide Instameet XI Surabaya

  • 23/03/2015 at 08:00
    Permalink

    Kalo baca gini jadi pengen aktifin ig terus Sur. Keren-keren fotonya.

    Reply
  • 25/03/2015 at 07:38
    Permalink

    Sur, tumpukan gerbong usang kayak gini juga pernah saya lihat di daerah sekitar stasiun Bekasi. Tiap ke bandung dari jakarta atau sebaliknya, tumpukan gerbong ini selaluuuu saja mengusik keingintahuan saya πŸ™‚
    Keren ya WWIM, keren juga kegiatannya.
    Makin usang sebuah benda, kalo difoto, ternyata kesan usang itu jatohnya jadi beda…ahaa, yang motretnya juga pasti top banget inih!
    πŸ˜€

    Reply
    • 26/03/2015 at 08:33
      Permalink

      Ha ha ha, ini yang keren tumpukan gerbongnya mbak, bukan fotografernya. Saya cuman asal jepret kok πŸ˜€

      Reply
  • 25/03/2015 at 07:39
    Permalink

    Informasinya nambah wawasan saya, Surya…matur nuwun nggih…komunitas memang tempat berkreasi dan berbagi ilmu…sip, sip!
    πŸ˜‰

    Reply
  • 28/03/2015 at 20:51
    Permalink

    bagus bagusss foto ig nya. pst folowernya udah ribuan deh hehehee

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*