The New Sepinggan, Gerbang Baru Kalimantan Timur

————

“Satu lagi bandara baru menghias nusantara dan menjadi kebanggan negeri. Setelah Kuala Namu di Sumatera, kemudian Ngurah Rai di Bali, T2 Juanda di Surabaya, sekarang giliran The New Sepinggan di Kalimantan”

————

Megah, mewah, tetapi kosong melompong. Itulah kesan pertamaku saat mendarat untuk pertama kalinya di terminal baru bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kedatanganku di bulan Oktober 2014 ini bukanlah kedatanganku pertama di Balikpapan, tetapi ini untuk pertama kalinya aku mencicipi terminal baru bandara yang kini bernama lengkap Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan ini.

Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Desain terminal baru bandara Sepinggan ini mengedepankan konsep modern, futuristik dan ramah lingkungan, sebuah konsep yang diusung sebagian besar bandara-bandara baru di Indonesia, seperti Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Kuala Namu Medan, ataupun Bandara Ngurah Rai Denpasar. Salah satu cirinya adalah penggunaan banyak sekali elemen kaca yang membuat sinar matahari bisa leluasa masuk, sehingga mengurangi pemakaian listrik di siang hari.

Berdiri di atas lahan seluas sekitar 110.000 meter persegi, cikal bakal kemegahannya sudah tampak sejak bandara ini dibangun. Jika dibandingkan dengan terminal lama yang hanya seluas 17.000 meter persegi, terlihat jelas bagaimana perbedaan antara terminal lama dan terminal baru.

Bandara baru Sepinggan memiliki empat lantai dan dirancang mampu menampung hingga 10 juta penumpang setiap tahunnya. Terminal kedatangan ada di lantai satu, sedangkan terminal keberangkatan ada di lantai tiga. Untuk menunjang kegiatan operasional, bandara ini dilengkapi dengan 74 counter check in, 8 unit conveyor untuk bagasi, 11 unit garbarata serta gedung parkir empat lantai yang dapat menampung hingga lebih dari 2000 unit mobil.

Gambar Penari Dayak di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
Gambar Penari Dayak di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
Check In Area di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
Check In Area di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Semua ini akan menjadikan bandara Sepinggan menjadi bandara terpadat di pulau Kalimantan serta tersibuk nomor 6 di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Ngurah Rai Denpasar, Juanda Surabaya, Kuala Namu Medan, dan Sultan Hasanuddin Makassar.

Untuk menambah kenyamanan penumpang, terminal baru bandara sepinggan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan (Mal), dan ini menjadikan bandara Sepinggan menjadi bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan Mal. Untuk anak-anak, terdapat area bermain yang cukup luas. Beberapa yang aku tahu, area bermain terdapat di sekitar gerbang keberangkatan. Bagi yang membawa balita, tersedia stroller yang bisa dipinjam secara gratis selama berada di dalam bandara.

Peminjaman Stroler di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
Peminjaman Stroler di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Tapi, ditengah kemegahannya yang tampak dari luar, bandara ini terkesan sunyi dan kosong didalamnya. Setidaknya sampai kunjungan terakhirku kesini, akhir Oktober 2014 yang lalu. Ada dua lantai, yakni lantai dua dan lantai empat yang tampak masih gelap dan sepertinya belum difungsikan. Selain itu, di beberapa sudut bandara di lantai satu dan lantai tiga, juga tampak cukup banyak space kosong. Perkiraanku, space yang masih kosong itu yang akan diperuntukkan sebagai pusat perbelanjaan. Hanya saja, masih belum banyak toko-toko yang beroperasi, sehingga terkesan kosong.

Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan
Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Balikpapan dan juga propinsi Kalimantan Timur memang memiliki nilai pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi di Indonesia. Potensi sumber daya alam berupa bahan tambang mineral seperti minyak bumi dan batubara membuat banyak investor maupun pekerja dari seluruh dunia datang untuk berburu penghidupan disana.

Selain potensi tambang, propinsi Kalimantan Timur juga memiliki potensi wisata yang sangat besar. Salah satu tujuan wisata utama di Kalimantan Timur adalah Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau. Tujuan wisata lain adalah Bukit Bangkirai, yang hanya berjarak satu jam perjalanan dari kota Balikpapan, dan juga Masjid Islamic Center Samarinda yang bergaya arsitektur timur tengah.

Dengan bandara baru yang megah, modern dan nyaman ini, Balikpapan dan juga propinsi Kalimantan Timur kini siap untuk menyambut lebih banyak lagi para tamu yang akan berkunjung.

5 thoughts on “The New Sepinggan, Gerbang Baru Kalimantan Timur

  • 03/01/2015 at 12:18
    Permalink

    Baru tahu tampilan bandara Sepinggan dari tulisan ini, Surya…sekarang udah pake istilah ‘new’ ya, karena memang baru direnovasi sehingga tampil dengan design dan suasana baru.
    Keren…keren…keren…
    *dampak dari hobby saya nonton film Upin dan Ipin…hehe
    Ini istilah yang tepat buat bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan ini.
    Selamat tahun baru, Suryaaaaaaa…
    😀

    Reply
    • 03/01/2015 at 20:43
      Permalink

      Selamat Tahun Baru juga mbak Irma 🙂
      Anyway, bandara baru Sepinggan ini memang keren mbak, gak kalah sama Changi ataupun KLIA

      Reply
  • 03/01/2015 at 17:32
    Permalink

    Bandara Samsul (Sultan Aji Muhammad SULaiman) 😀

    Reply
  • 04/01/2015 at 02:30
    Permalink

    Keren banget ya Sur bandaranya. Semoga kapasitas yang ada akan segera terutilisasi. 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*