Lezatnya Sarapan bersama Soto Kuali – Tur de Jateng 2013 (1)

Enam buah mangkuk kosong tertata rapi di sebuah tatakan. Tidak lama berselang seseorang mengisinya dengan nasi, potongan daging sapi, daun seledri, toge dan bawang goreng. Terakhir, bahan-bahan tadi disiram dengan kuah panas yang diambil dari sebuah kuali. Dengan diiringi kepulan asap tipis, mangkuk-mangkuk tersebut pun akhirnya tersaji di depan kami berenam.

Aroma segar yang semerbak dari asap yang mengepul serta merta membangkitkan selera makan kami. Ditambah lagi dengan kondisi perut yang memang sudah sangat lapar, kami pun dengan buas memakannya. Tapi tetaplah, sebuas-buasnya, baca bismillah dulu :). Dan hanya dalam waktu beberapa menit saja, isi mangkuk-mangkuk itu sudah berpindah dengan sukses ke perut kami. Alhamdulillah.

Begitu nasi, daging dan kuah panas itu masuk kedalam mulutku, lidahku langsung bergoyang-goyang kegirangan. Maknyus pemirsa, begitu kata Pak Bondan.

Nah kalau Pak Bondan, setelah berkata maknyus, dilanjutkan dengan penjelasan detil dari setiap rasa, misalnya, kuahnya gurih, atau dagingnya matangnya pas dan ada sedikit rasa jahe untuk menambah rasa hangat. Sedangkan kalau aku cuman bisa berkata ueenak dan enak banget, he he he. Bagian apanya yang enak? Ya semuanya enak, ya nasinya, kuahnya, dagingnya dan juga kombinasi semuanya. Benar-benar tidak berbakat menjadi cullinary reviewer.

Itulah soto Kuali, makanan khas Sragen Solo. Warung makan soto kuali banyak tersebar disekitar kota Sragen di jalur utama Surabaya Solo. Warung soto kuali ini menjadi lokasi check point pertama kami dalam Tur de Jawa Tengah.

Penyajiannya hampir mirip dengan soto kudus ataupun soto bangkong, yakni dengan mangkuk kecil hingga sedang. Bagi orang jawa timur sepertiku, porsi ini bisa dibilang sedikit, karena aku terbiasa dengan soto madura ataupun soto lamongan yang disajikan dengan mangkuk yang besar. Tapi untuk ukuran sarapan, porsi sedang ini sangat pas.

Kuahnya bening, hingga buatku pribadi, lebih mirip sup daripada soto. Maklumlah, di otakku, yang dimaksud dengan soto ya warna kuahnya kuning, he he he. Untuk pilihan dagingnya bisa menggunakan daging sapi ataupun daging ayam kampung. Hanya saja kebetulan di warung soto kuali yang kami singgahi menggunakan daging sapi. Soto ini biasanya dimakan bersama dengan tempe goreng, telur puyuh, sate usus serta tak lupa kerupuk.

Kalau direnungkan, sungguh amat luar biasa banyak macam kuliner dari nusantara ini. Untuk kategori soto saja, ada beberapa jenis, mulai dari Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Kuali, Soto Bangkong, Soto Kudus, Soto Betawi, Coto Makassar ataupun Soto Banjar. Dan aku bersyukur sekali, dengan mencicipi soto kuali ini, aku menambah satu lagi wawasanku akan kekayaan kuliner nusantara.

Bagi yang sedang mampir ke kota Sragen, luangkanlah waktu sejenak untuk mencicipi Soto Kuali ini. Kelezatannya dijamin 🙂

2 thoughts on “Lezatnya Sarapan bersama Soto Kuali – Tur de Jateng 2013 (1)

  • 03/10/2013 at 16:19
    Permalink

    deket kantor aku ada yg jualan soto kuali juga, mangkoknya kecil kyk soto kudus tapi biasanya kenyang sama side dishnya hahahahaa

    “Yoi, pendampingnya memang yang bikin kenyang Mil :D”

    Reply
  • 21/10/2013 at 08:43
    Permalink

    Pengen Suuur…saya sampe menelan ludah nih baca detail postingan ini, hihihi, ada fotonya dan sambil ngebayangin juga soalnya…
    Dalam perjalanan panjang dengan mobil, saya juga paling suka pesan makanan panas dan berkuah. Salah satu contohnya ya soto ini. Sip, sip…kapan-kapan kalo saya lewat sana, pengen nyobain ah!

    “Harus dicoba mbak :)”

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*