Tour de Jateng 2013

Jawa Tengah, sebuah propinsi yang terletak di jantung pulau Jawa dengan Semarang sebagai ibu kota propinsi. Di sepanjang hidupku, aku sangat jarang menjejakkan kaki di Jawa Tengah. Kalau dihitung jari, hanya dua kota di Jateng yang pernah kusinggahi, yaitu Semarang dan Magelang. Magelang itupun terbatas hanya di daerah Borobudur saja. Kalau Jogja? Aku memang beberapa kali singgah ke kota gudeg ini, tapi Jogja bukannya propinsi tersendiri yang terpisah dari Jawa Tengah.

Sebagai warga Jawa Timur, hal ini sebenarnya cukup ironis, karena Jateng letaknya sangat dekat dengan Jatim. Tapi mau bagaimana lagi, aku memang tidak mempunyai kerabat ataupun sahabat yang tinggal di propinsi yang sangat kental dengan adat Jawanya ini.

Jadi, ketika ada undangan resepsi pernikahan dari seorang rekan kerja di kantor yang kebetulan berlokasi di salah satu kota di Jawa Tengah (yakni Purwokerto) serta ajakan dari Hikma untuk melakukan touring Surabaya Purwokerto guna memenuhi undangan tersebut dengan mobilnya, aku menerima ajakan itu tanpa berpikir panjang. Ini adalah kesempatan langka untuk menjelajahi keindahan bumi Jawa Tengah.

Dan, pada akhirnya touring itu terlaksana dengan sukses di akhir bulan Agustus 2013 yang lalu. Dimulai start dari Surabaya pada hari Jumat, 30 Agustus 2013 jam 3 dini hari hingga tiba kembali di Surabaya hari Minggu, 1 September 2013 jam 11 malam.

Aku melewati perjalanan yang sangat luar bisa menyenangkan bersama kelima sahabat, Hikma, Aris, Fendhito, Ridho dan Zemmy dengan menumpang mobil Ertiga milik Hikma yang memiliki performa yang sangat prima.

Touring tersebut mengambil rute Surabaya Solo Boyolali Selo Ketep Pass Magelang Temanggung Wonosobo Banjarnegara Purbalingga Purwokerto

Sedangkan rute pulangnya Purwokerto Kebumen Jogjakarta (Menginap semalam di Jogja) Solo Surabaya

Cerita perjalanan selama touring ini dibagi menjadi beberapa part dan terpisah dalam postingan masing-masing agar cerita tidak terlalu panjang dan membosankan. Selain itu banyak sekali foto yang ingin kupajang, sehingga tidak memungkinkan jika hanya satu postingan.

Dari perjalanan singkat selama tiga hari ini, ada satu hal penting yang ingin kusampaikan, yaitu Indonesia itu benar-benar indah kawan. Bahkan khusus bagi penduduk pulau Jawa, kalaupun tidak punya waktu ataupun materi untuk pergi melancong ke luar pulau Jawa, tidak usah berkecil hati. Pulau Jawa ini indahnya sudah luar biasa. Sayangnya, aku seperti baru menyadarinya sekarang. Ironis memang. Tapi ya, better late than never, right. Dan pada akhirnya perjalanan ini membuatku bercita-cita untuk bisa menjelajahi seluruh kabupaten dan kota di Pulau Jawa. Dari Banyuwangi di ujung timur hingga Anyer dan Ujung Kulon di ujung barat.

Semoga postingan-postingan tentang Tur de Jawa Tengah ini bisa menjadi inspirasi yang positif dan menularkan kecintaan pada tanah air tercinta ini

One thought on “Tour de Jateng 2013

  • 27/09/2013 at 17:12
    Permalink

    Waaah, udah nggak sabar baca cerita-ceritanya, Surya!
    Saya juga percaya kalau Jawa itu indah luar biasa.
    Biarpun saya menikmatinya lewat kereta api dan beberapa kali pernah coba pakai kendaraan roda empat, keindahan itu toh tetap saya nikmati sepenuh hari…

    Smoga impian mengunjungi semua kota dan kabupaten itu bisa terwujud Sur, tak perlu batas waktu, karena toh tidak ada target yang harus dikejar…hehe…ajak-ajak Dewi ya 😉

    “Lagi in progress nulis mbak, semoga segera bisa diposting. Tentu saja, lain kali pengen ngajakin Dewi jalan-jalan keliling Jawa”

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*