Romantisme Pantai Losari

Berkunjung ke Makassar, tak lengkap rasanya jika belum menjejakkan kaki ke Pantai Losari. Di setiap brosur wisata, poster ataupun pamflet tentang wisata Makassar, foto pantai losari selalu menjadi menu utama didalamnya.

Pantai Losari sebenarnya bukanlah sebuah pantai berpasir seperti pantai kuta, pantai parangtritis ataupun pantai kenjeran Surabaya, tetapi hanyalah sebuah bangunan beton untuk menahan air laut yang terhampar di pesisir barat kota Makassar.

Hal yang menarik dari pantai Losari adalah adanya sebuah anjungan dengan tulisan PANTAI LOSARI. Bukan tulisannya yang menarik, tapi ide membuat tulisan itu yang membuatku sangat tertarik. Menurutku itu sebuah ide yang brilian. Tulisan itu serasa menjadi magnet bagi para pelancong untuk datang ke Makassar untuk kemudian berfoto dengan latar belakang tulisan tersebut. Dengan berfoto didepan tulisan itu berarti dianggap bukti sah bahwa seseorang telah berkunjung ke Makassar dan telah menjejakkan kaki di Pantai Losari. Coba kalau tulisan itu gak ada, apa bukti bahwa seseorang telah ke Pantai Losari. Sangat brilian bukan. Hanya dengan membuat tulisan yang mungkin tidak terlalu mahal, bisa menghasilkan pendapatan daerah yang cukup besar.

Selama di Makassar, Aku dan dewi setiap hari ke anjungan Pantai Losari yang dari hotel tempat kami menginap hanya berjarak 50 meter. Setiap hari pantai ini ramai dengan pengunjung. Terutama kala sore menjelang. Entahlah mengapa, tapi aku merasakan suasana romantisme yang sangat kuat kala berada di pantai ini menjelang senja.

Melihat orang-orang ramai berkumpul sambil ngobrol, bercanda, dan tertawa sungguh membuat hati ini terasa nyaman dan tenteram. Istriku bahkan iri, Surabaya ataupun Gresik tidak punya tempat seperti ini. Jaman sekarang, jika ingin berkumpul bersama keluarga ataupun teman dan pacar, orang-orang lebih memilih Mall. Makassar telah memberiku suasana yang lain. Karena itulah setiap sore menjelang, selama di Makassar, aku dan istriku tidak pernah absen menjejakkan kaki di sini.

Sambil menikmati sunset, kami membeli pisang epe. Ini adalah pisang bakar khas Makassar. Di sepanjang pantai Losari banyak berjajar penjual pisang epe. Konon dulu hanya ada satu rasa pisang epe di Makassar. Tapi kali ini banyak sekali varian rasanya, mulai dari keju, durian, cokelat atau kombinasi kedua bahkan ketiga-tiganya.

Bagi yang ingin bermain air, di area pantai losari banyak sekali macam permainan air, mulai dari banana boat, sepeda air ataupun sekedar naik perahu keliling pesisir barat Makassar. Tapi buat kami, duduk, merasakan semilir angin mamiri makassar dan memandangi sunset dengan sepiring pisang epe sudah lebih dari cukup.

14 thoughts on “Romantisme Pantai Losari

  • 26/04/2012 at 13:59
    Permalink

    foto sunset nya indah banget,apalagi jk memangdangnya sambil menikmati pisang ape…heeheee…

    “Benar-benar indah mbak..”

    Reply
  • 26/04/2012 at 15:26
    Permalink

    Iya, kayaknya saya juga lebih suka duduk-duduk atau jalan-jalan di pinggir laut, Surya…selain nggak bisa berenang, males banget kalo badan basah dan lengket karena air laut…orang jawa bilang jrijipen gitu…hehehe 😀
    Ada pisang epe juga?
    Mau dong, yang rasa keju yaaaa….

    “Boleh mbak.. Berapa bungkus? :)”

    Reply
  • 26/04/2012 at 15:28
    Permalink

    Suryaaaa…nulis alamat di inbox fb itu caranya saya lupaaaa…nanti ya saya tanyain ke Risa dulu!

    “Terima kasih alamatnya mbak…. Nanti insya Allah disempetin maen kesana sama istriku mbak”

    Reply
  • 26/04/2012 at 23:20
    Permalink

    Sayang sampai sekarang saya belum pernah sekalipun ke Makasar. Kalau ada kesempatan, pasti pantai losari akan jadi tujuan pertamaku 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    “Salam hangat dari Surabaya Pak Sugeng :)”

    Reply
  • 27/04/2012 at 08:45
    Permalink

    framing terakhir itu keren 😀

    “Terima kasih bang.. :)”

    Reply
  • 27/04/2012 at 19:04
    Permalink

    Pantai yang indah didukung foto yang indah, mantap!

    “Terima kasih :)”

    Reply
  • 28/04/2012 at 10:19
    Permalink

    Suryaaaa…
    maap eykeh baru mampir mampir lagi yeee…

    posting tiap hari ternyata bener bener bikin aku mabok…
    dan sempoyongan gituh BW nyah…hihihi…

    tapi berusaha untuk tetep semangat deeh…hihihi..

    “Pokok’e semangat mbak… semoga sukses!!!”

    Reply
  • 28/04/2012 at 10:22
    Permalink

    Dan ya ampun ituh mba Irma komen nya lucu banget siiiiih…hihihi…

    kok lupa caranya nulis alamat di inbox…hihihi…

    mba Irma kan sering inbox-inbox an ama akuuuu…hihihi…

    Bantuin aja Surya,…dirimu kirim inbox duluan ke mba Irma, jadi ntar mba Irma nya tinggal reply yah…hihihi…

    Tapi awas lho, kalo kopdar jangan pake acara poto2an yah…
    soalnyah aku 2 kali ketemu mba Irma, gak ada potonya satu pun juga…hihihi…

    “Ha ha ha ha…. Gak janji deh.. :p”

    Reply
  • 28/04/2012 at 10:25
    Permalink

    Romantis sekaliiii…

    jalan jalan dan nongkrong bersama istri tercinta di tepi pantai…
    kayak adegan di drama korea…hihihi…

    dan seperti biasa…poto potonya memang selalu keren keren…
    terutama yang terakhir…

    Salam buat istrimu ya Suuuur 🙂

    “Hmm… semua koment berbau korea semua.. :p”

    Reply
  • 30/04/2012 at 19:44
    Permalink

    So sweet.. 🙂
    Eh, Surya….jangan dengerin Erry…klo mo kopdar sama mbak Irma kudu pake2 foto2 indah bin keren lho ya…. *manas2in Erry..*

    “Kompor terus mbak.. hi hi hi”

    Reply
  • 30/04/2012 at 23:19
    Permalink

    Sumpah Sur, baca postinganmu selalu timbul rasa iri dengki pengen bisa berjalan-jalan juga.

    Yang pasti buat jalan-jalan salah satu referensi ya blog ini Sur! 😀

    “Sebenarnya tidak ada maksud untuk membuat iri Dan. Ada harapan, dengan adanya blog ini, ada rekan-rekan yang termotivasi untuk bisa mengikuti jejakku melihat dunia di luar rumah dan lingkungan kita sehari-hari. Dan dunia di luar sana akan memberikan kita sebuah pengalaman, wawasan serta pelajaran hidup yang sangat berharga untuk kehidupan kita di masa mendatang.. 🙂

    Memang, ada biaya yang harus dikeluarkan. Dan terkadang itu tidak murah. Belum lagi waktu. Tapi insya Allah akan banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perjalanan itu.. :)”

    Reply
  • 01/05/2012 at 14:02
    Permalink

    foto yang pertama kereeeeen…..
    *jadi pengen*

    suryaaa…..
    kenapa ya minggu2 ini setiap aq bewe ke blog sahabat selalu ada tersentil kata “Pisang”
    beeuuuhh…..
    aq takut pisaaaaaang
    *kaboooor*

    “Waduh.. pisang itu enak mbak.. lha kok gak doyan.. Mengidap Pisangobia ya mbak, he he he”

    Reply
  • 14/09/2012 at 06:45
    Permalink

    Kawasan wisata sulawesi selatan
    1. Tana toraja, adat budaya dan rumah tongkonanya yang unik.
    pesta kematian, rumah adat londa, kuburan diatas tebing, kette’kesu.dll.
    2. Makassar
    Benteng rotterdam, benteng somba opu didalamnya terdapat rumah2
    adat sul sel dan gowa descovery park.
    pelabuhan paotere (pelabuhan kapal phinisi), pantai akkarena tanjung
    bunga, pantai losari, kepulauan supermonde(pulau samalona, kodingareng
    keke, lae lae khayangan, kapopposang.dll 10 pulau lebih dan
    keselurhannaya 100) , mesjid raya makassar, islamic center mesjid, mesjid
    terapung pantai losari, makam raja2 makassar(tallo) pangeran diponegoro.
    Maipa dan datu museng (romie dan juliet versi makassar), transtudio, bugis
    water park, mall transtudio, mall ratu indah, karebosi link, pasar tempo
    doloe yg sudah modern( pasar buntung) china town, sungai tallo
    didalamnya terdapat pulau namanya pulau lakkang, kuliner . Recomendasi hotel
    hotel pantai gapura. Mkn agak mahal tapi anda akan melihat didalamnya
    kayak apa
    3 kabupaten bulukumba, pantai tg bira, pantai mandala ria, tana beru sebagai
    tempat pembutan kapal phinisi, kawasan ammatoayaitu tempatnya suku
    kajang yg berpakaian serba hitam
    4.kabupaten maros, bantimurung bulusaraung, karaengta, leang leang karts,
    rammang rammang karts, terbesar dan terindah kedua di dunia sungai pute,
    pucak, jalanan menantang yg berkelok2 camba.
    5.kabupaten gowa, kawasan malino, malino highland( puncak atao malangnya makassar) balla
    lompoa, istana tamalate, makam sultan hasanuddin, makam arung palakka,
    makam seihk yusuf.taman buah sungguminasa.
    6. Kabupaten wajo, danau tempe, tempat tenun sutra bugis.
    7. Kabupaten selayar, memiliki kawasan taman laut dengan karang atol
    terbesar ketiga di dunia
    8.kabupaten luwu timur, memiliki 2danau, danau towoti terluas kedua di
    indonesia, danau matano terdalam ke 10 didunia, pulau ato pantai
    bulupoloe.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*