Menaklukan Makassar

Pada bulan Maret 2012 ini, perjalanan geografiku sampai pada kota di selatan pulau Sulawesi, Makassar. Ini adalah persinggahan pertamaku di kota yang dulunya pernah bernama Ujung Pandang ini. Alhamdulillah dan Aga Kareba! Itulah 2 kalimat pertamaku setelah pesawat citilink dengan nomor penerbangan GA072 mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Jika selama 6 bulan terakhir ini, kisah perjalananku kebanyakan tentang pariwisata negeri tetangga, kini akhirnya aku bisa menuliskan kembali rekam jejakku di tanah airku tercinta, Indonesia.

Miris memang, sebagai orang Indonesia, dalam 6 bulan terakhir ini, aku lebih sering jalan ke negeri tetangga daripada ke negeri sendiri. Ini bukan berarti bahwa aku tidak mencintai pariwisata negeri sendiri ataupun meremehkan. Hanya saja, penawaran untuk jalan-jalan hemat adanya malah untuk perjalanan ke luar negeri. Apa boleh buat, aku pun lebih memilih untuk berkelana kesana.

Tapi, itu adalah kisah lalu. Kini, kesempatan untuk berkeliling Indonesia dengan hemat dan terjangkau sedikit demi sedikit mulai menemui titik terang. Air Asia Indonesia mulai menambah frekuensi penerbangan domestiknya dari Surabaya. Jika dulu hanya ada Surabaya Medan, kini ada dua trayek baru, Surabaya Bali dan Surabaya Bandung. Lion Air pun mulai berani bersaing harga, terutama untuk rutepenerbangan yang dilayani oleh pesawat kecil mereka jenis ATR.

Dan dari semua itu, yang paling fenomenal adalah Citilink. Sejak awal tahun, citilink hadir dengan wajah baru. Tampilan web baru, metode pembayaran baru (dengan adanya pembayaran via atm), serta pesawat baru. Citilink makin menarik minat para backpacker dan traveler setelah beberapa kali mengeluarkan tiket promo

Dan citilinklah yang membantuku mewujudkan salah satu mimpiku menjejakkan kaki di kota yang konon adalah pintu gerbang Indonesia timur ini. Dengan tiket promo per orang yang mencapai 79.000 rupiah one way, aku dan istri menaklukan Makassar.

Traveling kali ini berbeda dengan traveling kami sebelum-sebelumnya. Jika biasanya kami jalan-jalan dengan model seperti dikejar-kejar setan demi mendapatkan banyak lokasi wisata dengan waktu singkat, maka acara traveling kali ini adalah acara santai. Kali ini aku tidak membuat itinerary yang ketat seperti biasanya. Kami berdua benar-benar ingin menikmati perjalanan kali ini. Jika memang badan sudah lelah, kami tidak akan terlalu memaksakan diri. Meski tidak membuat itinerary dengan ketat, kami tetap mempunyai lokasi yang wajib dikunjungi selama berada di Makassar nanti, yakni Pantai Losari, Trans Studio Theme Park dan berbelanja souvenir di Jalan Somba Opu.

Agar bisa pergi ke tiga tempat tersebut dengan santai dan tidak terlalu membuang banyak waktu dan tenaga, kami memutuskan untuk menginap di hotel yang berada di kawasan Pantai Losari, tepatnya di JL. Penghibur Makassar. Dari sini, untuk ke anjungan pantai losari maupun jalan somba opu cukup berjalan kaki. Sedangkan jika mau ke Trans Studio bisa naik taksi dengan argo yang tidak terlalu mahal, karena sudah cukup dekat.

Karena kerjaan sudah mulai memasuki masa sibuk dan juga lagi pingin bikin postingan yang agak pendekan, maka detil cerita lengkap ada di postingan selanjutnya.

10 thoughts on “Menaklukan Makassar

  • 20/04/2012 at 13:43
    Permalink

    Hm..jadi tertarik utk jalan2 hemat juga nih…sdh pernah kah di tulis tips2nya?
    Ditunggu cerita unik & foto2 cantik hasil perjalanan ke makasar ini ya…

    “Mungkin pernah mbak, tapi biasanya momentnya kubarengin pas jalan-jalan kemana gitu…Biasanya aku beri judul ‘Persiapan’ “

    Reply
  • 20/04/2012 at 21:58
    Permalink

    Pengen bisa jalan-jalan keliling Indonesia, tapi mana boleh bolos kerja sampe berminggu-minggu, emang kantornya nenek moyang πŸ˜›

    “Bisalah mbak… Kan setiap orang butuh liburan, he he he”

    Reply
  • 22/04/2012 at 11:15
    Permalink

    jgn lupa kunjungi trans studio bandung juga yaaa….

    “Yup mbak, tapi nunggu Trans Studio Bandungnya agak sepian.. Kalau sekarang kan masih baru, jadi lagi heboh2nya”

    Reply
  • 23/04/2012 at 10:38
    Permalink

    Makasaaaar???
    ckckck…
    Surya jalan jalan terus niiiiiih…

    aku iri…aku iriiiii πŸ™‚

    “Mumpung masih muda mbak.. Dan juga belum dikaruniai anak, jadinya ya daripada stress mending jalan2 dulu”

    Reply
  • 24/04/2012 at 10:55
    Permalink

    Suryaaaa…saya nulis komen ini dari Surabaya loooo…*pamer*
    Baru pulang jalan-jalan dari Makassar?
    Aha, pasti nyobain coto dan konro kan?
    Tulis di posting berikutnya ya, sekalian sama fotonya juga, biar saya bisa ikut merasakan gimana enaknya makanan-makanan khas itu πŸ˜‰
    Oya, tentang acara jalan-jalan dan indahnya pemandangan disana juga wajib dijadiin posting, soalnya saya belum pernah kesana Surya, cuman pernah lihat di TV aja gimana indahnya Pantai Losari atau Bantimurung yang terkenal itu.

    Alamat saya nggak boleh ditulis disini ya…uh, padahal lebih gampang lo kalo saya ngetik alamat itu disini…*sindrom takut ngetop, jadi alamatnya dikirim lewat email atau inbox aja deh*
    πŸ˜›

    “Oke oke mbak… semoga dalam dua hari ini, tulisan part 1 makassar bisa terbit.. :)”

    Reply
  • 24/04/2012 at 12:20
    Permalink

    Mas Surya, kapan mau ke rumah Mbak Irma.. nanti saya ajak Pakde, Kang Yayat, Inge, dan teman-teman Surabaya lainnya.. kita kopdar disana.. πŸ™‚

    “Siap!! Mbak Yuni aja yang atur jadwal.. Saya ngikut.. Tapi ini saya belum juga di email mbak irma nih alamatnya”

    Reply
  • 24/04/2012 at 21:56
    Permalink

    wah ternyata mas surya petualang sejati toh.enak y kerjanya bisa sambil jalan2,sampai keluar negeri pula.tp postingan nya Bersambung yah… macem sinetron aja mas.

    “Kalau langsung jadi satu, kepanjangan mbak. Nanti gak enak bacanya :)”

    Reply
  • 24/04/2012 at 23:32
    Permalink

    Mas Surya laki-laki boleh ikutan kontes kok, daftarin juga blog istrinya Mas Surya.. jadi daftar 2 ya #maruk# hihi

    “He he he he”

    Reply
  • 25/04/2012 at 12:00
    Permalink

    suatu saat saya akan ke celebes
    πŸ˜€

    “Its a must!!”

    Reply
  • 20/08/2013 at 15:00
    Permalink

    hiks.. padahal tadinya mau nyontek itinerary, cari di google, nemu blog ini πŸ˜€

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*