Phuket on Februari 2012 (Part 1 Persiapan)

Februari lalu, wongkentir akhirnya bisa menginjakkan kaki kembali ke Thailand. Kali ini aku mengunjungi Phuket, sebuah pulau di selatan Thailand yang mendapat julukan Pearl from the South. Seperti biasa, kisah perjalanan dan petualangan di negeri gajah putoh akan diawali dengan tahap persiapan menjelang keberangkatan.

Persiapanku ke Phuket sebenarnya sudah diawali sejak 9 bulan yang lalu, tepatnya di bulan Mei 2011, sesaat setelah membeli tiket promo Air Asia. Perjalanan kali ini, aku tidak hanya berdua dengan istri saja, tetapi mengajak dua orang pratner in crime ku di kantor, Aris dan Hikma.

Jika di petualangan-petualangan kami bertiga sebelumnya kami hanya berangkat sendiri tanpa keluarga, kali ini kami mengajak serta keluarga, sehingga total rombongan kami berjumlah 6 orang (Aku dan istri, Hikma dan istri dan anak, serta Aris). Kami menyebut perjalanan kami kali ini adalah Family Time.

Tiket

Tidak ada penerbangan langsung Air Asia dari Surabaya ke Phuket, jadi kami harus transit dulu. Ada beberapa kombinasi yang bisa digunakan

1. Surabaya Jakarta Phuket

2. Surabaya Kuala Lumpur Phuket

3. Surabaya Bangkok Phuket

Dan setelah dianalisa dari sisi harga dan waktu, maka pilihan terbaik adalah melalui jalur nomor dua, yakni Surabaya Kuala Lumpur Phuket, dengan konsekuensi, dalam setiap pendaratan kami harus menghadapi meja imigrasi. Menghadapi meja imigrasi adalah sebuah pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Ya meski selama ini lancar-lancar saja, tapi tetap saja ada ketakutan untuk di deportasi, he he. Dan bagian paling menyenangkan adalah ketika Paspor kita mendapat stempel, cetok!!!!

Total harga tiket yang kami beli adalah Rp. 760.140,- PP per orang dengan 4 penerbangan, SUB KL, KL HKT, HKT KL, KL SUB, tanpa bagasi, dengan keberangkatan bulan Februari 2012. Ya cukup lumayan murah. Tapi bagi yang tinggal di Jakarta, harga tiket ke Phuket bisa lebih murah lagi, karena ada penerbangan langsung CGK HKT. Iseng-iseng cek harga, tiket promo PP CGK HKT PP tanpa bagasi adalah Rp. 530.000,-

Peak, High atau Low Season

Oh iya, sebelum memutuskan membeli tiket, terlebih dahulu kita harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengunjungi sebuah lokasi wisata, termasuk Phuket. Secara umum Phuket memiliki 3 musim kunjungan wisata, yakni

1. Peak Season, sekitar bulan November hingga awal Januari

2. High Season, sekitar Oktober hingga April

3. Low Season, sekitar Mei hingga September.

Peak Season adalah masa dimana suasana Phuket sangat ramai dan crowded karena ribuan turis tumpah ruah di Phuket. Selain karena berdekatan dengan Natal dan tahun baru, akhir tahun adalah masa dimana bumi Eropa dilanda musim dingin. Karena itu mereka memilih mengasingkan diri ke kawasan Indochina.

High Season adalah masa yang sebenarnya hampir sama situasinya dengan Peak Season. Hanya saja kepadatannya lebih mendingan daripada saat Peak Season.

Saat Peak maupun High Season, semua di Phuket menjadi sangat mahal mulai dari hotel, paket tour, sewa kendaraan hingga makanan. Lokasi wisata seperti Pantai Patong, Karon, Kata hingga Phi-phi islands full dengan para pelancong. Jalanan phuket pun padat dan macet.

Sedangkan kala low season tiba, Phuket mendadak menjadi lengang. Hotel, paket tour, sewa kendaraan pun mengobral harga. Selisih antara high/peak dan low season konon bisa mencapai 25 30 %.

Tapi, meski sudah tahu bahwa Februari itu adalah high season, aku tetap memilih untuk berkunjung ke Phuket pada bulan itu. Ini semua karena perkara cuaca. Bulan Oktober hingga April di Phuket adalah musim kemarau. Beda dengan Indonesia yang pada bulan tersebut tengah mengalami musim hujan.

Sebagai penghobi fotografi, musim kemarau dengan cuaca cerah yang terik dan langit yang membiru adalah saat terbaik untuk traveling. Apalagi ketika berkunjung ke daerah pantai, langit yang membiru akan membuat warna air laut menjadi menghijau. Pemandangan yang akan sangat indah.

Cuaca cerah juga baik untuk menjaga kamera. Coba kalau hujan, apalagi hujan yang sangat deras, tentu saja itu bisa membuat kamera tidak berfungsi sempurna atau bahkan rusak. Jadi ya, meski harus bertemu dengan crowded dan mahalnya Phuket, aku harus ikhlas demi mendapatkan foto-foto yang bagus.

Cuaca hujan juga pastinya tidak nyaman untuk perjalanan antar pulau. Kondisi laut pastinya cukup bergolak dengan kondisi angin yang relatif lebih kencang.

Tapi bagi yang ingin menikmati suasana yang tenang, maka low season adalah saat yang tepat. Biaya juga bisa lebih hemat kala low season tiba.

Paket Tur

Mengunjungi Phuket, tak akan lengkap jika tidak mengunjungi Phi-phi Island. Sebuah pulau yang sangat termahsyur di seantero dunia. Di pulau ini terdapat sebuah teluk bernama Maya Bay yang sering disebut-sebut sebagai Paradise in the Earth, lebih-lebih setelah Bang Leonardo di Caprio shooting film The Beach disana. Untuk bisa bertandang ke sana, kita bisa mengikuti paket tour yang banyak ditawarkan disana, mulai one day tour maupun half day tour.

Dari info yang kudapat di Internet, terutama dari kaskus, harga awal yang ditawarkan oleh travel agen untuk paket satu hari di Phi-phi adalah 2800 baht per orang. Harga ini nantinya bisa turun menjadi 1200 hingga 1500 baht, tergantung kemampuan seseorang dalam menawar.

Untuk urusan tour ini, aku bersyukur sekali kita mempunyai forum online kaskus. Aku mendapatkan banyak info tentang tour phuket ini dari kaskus, berikut agen yang recommended serta price list nett-nya. Jadi kita tidak perlu tawar menawar lagi. Aku akhirnya menemukan dua travel agent yang bagus, lengkap dengan alamat email, telepon serta pin bb-nya, yaitu Miss Ladda serta Mr. Puttachat.

Sebulan sebelum keberangkatan, aku mengontak keduanya via email. Dari pengalamanku, respon tercepat adalah Miss Ladda. Dan pada akhirnya aku pun memesan paket tour ke dia.

Ada beberapa hal yang membuatku akhirnya memutuskan memilih tour milik Miss Ladda daripada Mr. Puttachat.

1. Respon Miss Ladda cukup cepat dalam membalas email.

2. Itinerary lebih menarik.

Ketika aku membandingkan itinerary ke Maya Bay, tour milik Miss Ladda akan mengantarkan kami ke Maya Bay di pagi hari, sedangkan tour milik Mr Puttachat di sore hari. Dengan kondisi bahwa pantai di Maya Bay menghadap ke barat, maka saat terbaik untukmengunjungi Maya Bay adalah di pagi hari, serta saat sunset tiba tentunya.

Lagi-lagi aku melihatnya dari sisi fotografi. Jika di pagi hari, maka ketika kita berfoto dengan latar belakang laut, maka wajah kita akan menghadap matahari. Ini akan menghasilkan foto yang bagus karena kita akan mendapatkan latar belakang Maya Bay dengan langit yang cerah membiru. Memang, akan sangat menyiksa mata kita, berfoto dengan menghadap matahari, tapi ini bisa diatasi dengan memakai sunglass.

Sebaliknya jika ke Maya Bay sore hari, maka jika ingin foto berlatar belakang Maya Bay, wajah kita pastinya akan gelap. Ini karena sinar matahari berada di belakang kita dan berhadapan langsung dengan kamera. Dalam istilah fotografi, namanya adalah backlight.

3. Harga yang ditawarkan lebih murah. Miss Ladda menawarkan 1100 Baht, Mr. Puttachat 1200 Baht.

Oh iya, paket tour yang bisa dinikmati di Phuket ini tidak hanya ke Phi-phi Islands. Ada juga Paket tour ke James Bond Islands (Phang Nga Bay), Krabi, Coral Islands, Similan Island, Phuket City Tour serta paket menikmati pertunjukan khas Thailand seperti Simon Cabaret, Phuket Fantasea ataupun Siam Niramit.

Untuk kunjungan pertamaku di Phuket ini, aku memesan tiga buah paket tour yang bisa dibilang tour wajib ketika di Phuket, yakni Phi-phi Island one day tour, James Bond Island one day tour dan City Tour. Tak lupa aku juga memesan antar jemput bandara.

Hotel

Sebagai destinasi wisata, Phuket mempunyai banyak sekali penginapan, mulai dari hostel hingga hotel. Mulai dari yang murah hingga yang mahal. Konon, dari info yang kubaca, hotel termurah yang ada di Phuket bisa mencapai sekitar 100 baht permalam, atau sekitar Rp. 30.000. Biasanya kamarnya menggunakan kipas angin dan kamar mandi luar.

Hotel yang biasanya menjadi tempat menginap para turis di Phuket terletak di 4 area, yakni, Phuket Town, Patong, Katon dan Kata. Ingin suasana tenang, menginaplah di Phuket Town. Jika ingin menikmati suasana pantai, tetapi relative tidak terlalu bising, menginaplah di kawasan Katon atau Kata. Jika ingin menikmati hingar bingar Phuket, menginaplah di Patong.

Rombonganku selama di Phuket menginap di Patong Bay Inn di area Patong. Rate yang kami dapatkan 700 baht permalam, atau sekitar Rp. 210.000. Aku memesan melalui booking dot com. Harga ini sudah termasuk sarapan berupa roti, sereal serta disediakan minum susu dan jus. Ya lumayan terjangkau lah dengan masa high season seperti ini. Dari review beberapa tamu di bboking dot com, hotelnya cukup nyaman. Selain itu juga tidak terlalu bising karena cukup jauh dari Bangla road.

Makanan

Mencari makanan halal di Phuket Alhamdulillah relatif tidak terlalu susah, mengingat Phuket (dan juga Phi-phi Island) adalah wilayah Thailand selatan yang mayoritas penduduknya muslim.

Sewa Kendaraan

Cara termurah berkeliling Phuket adalah menyewa motor. Sewa motor per hari berkisar 200 baht.

Money Changer

Seperti yang sudah pernah dibahas saat perjalananku ke Bangkok, rupiah dihargai sangat murah di Thailand. Untuk itu, sebelum keberangkatan aku sudah menyiapkan mata uang THB yang cukup serta USD. Ada juga saran dari teman untuk mengambil uang dari ATM di Phuket.

Jadwal Sholat

Jika ada pembaca yang mengikuti blog wongkentir, pasti masih ingat, saat di Bangkok dulu, aku dan Aris pernah kepagian sholat subuh. Kami sholat subuh jam 5 pagi, padahal waktu subuhnya jam 5.20. Nah, supaya tidak salah waktu lagi, aku pun mencari jadwal sholat untuk kawasan phuket.

– – – – – – – – – – –

Biaya Pra Keberangkatan (berdua)

Tiket Berdua Total Rp. 1520280
Tune Hotel 1 Malam 22 – 23 Feb 2012 Rp. 259718
Patong Bay Inn 2 Malam 23 – 25 Feb 2012 Rp. 401406
Tune Hotel 1 Malam 25 – 26 Feb 2012 Rp.314446

Total Biaya Pra Keberangkatan Rp. 2.495.850

18 thoughts on “Phuket on Februari 2012 (Part 1 Persiapan)

  • 16/03/2012 at 14:23
    Permalink

    Suryaaaaa…
    kemana aja atuh…
    sibuk ngurusin bola aja siiiiih 🙂

    Reply
  • 16/03/2012 at 14:26
    Permalink

    Oya..oot dulu…

    Proposal daisakusen sekarang mau ada versi koreanya lhooooo…

    Aku susah banget lho cari yang versi jepang nya…dari jaman kapan Surya pernah ngasih tau ituh, sampe sekarang masih belum dapet…hiks…

    mau keluar versi korea nya jadi tambah bernapsu untuk mencari versi Jepangnya…*Aku pasti BISA!!!*…hihihi…

    *sayang gak hepi ending!*

    Ke Phuket? Bikin mupeng ajah…

    Reply
  • 16/03/2012 at 14:30
    Permalink

    seperti biasaaaa…
    Surya selalu detail deh dalam mengatur jadwal kalo mau bepergian…

    eh..eh…tapi serius ada hotel yang harganya 30 ribuan disonoh?
    lebih murah dari yang di pangandaran yak…hihihi…

    tapi bukan hotel jam jam an kan??…hihihi…

    “Enggak lah… tapi hotel yang sistem dormitory mbak.. Jadi satu kamar isi 8 – 12 tempat tidur, dan itu nyampur dengan semua orang dari berbagai bangsa”

    Reply
  • 17/03/2012 at 21:24
    Permalink

    Wah, kebetulan sekarang juga Risa lagi di Bangkok.
    Baca posting ini saya jadi tambah kangen sama Risa 🙁

    Surya, saya selalu salut dengan rencana dan rincian biaya yang ditulis kalo Surya pergi jalan-jalan. Bukan apa-apa, saya paling nggak bisa melakukan hal ini…hehe…cari data di internet, apalagi sampe pesan tiket dan penginapan itu saya belum pernah lo…biasanya diwakilin sama suami atau Risa 🙂

    Eeeeh, belanjanya nggak ngali-ngalikan baht pake rupiah kan?
    Kalo dikali-kalikan terus, biasanya malah nggak jadi belanja karena semua jadi kerasa mahal…hihihi…ini mah pengalaman pribadi 😛

    Reply
  • 24/03/2012 at 03:10
    Permalink

    mas surya, bisa minta contactnya miss ladda itu gak??
    soalnya mei nanti saya dan teman2 insyaallah jg mau berkunjung ke sana… hehe makasih sebelumnya


    Email : billyladda@windowslive.com
    Pin BB : 27085B46
    Telp : +66894847070

    Semoga membantu ya

    Reply
  • 04/04/2012 at 08:29
    Permalink

    Siip cak, informasi yang sangat bermanfaat. dalam hal apapu, persiapan memang paling penting. saiki tinggal cari tiket promo, cari waktu yang tepat, dan cari teman perjalanan hehe 😀

    “Butul cak”

    Reply
  • 21/04/2012 at 09:43
    Permalink

    Pagi, Mas Surya… Salam Kenal yaa…

    Begini Mas Surya, sblmya jika mau travelling saya pasti akan banyak baca2 browsing mpelajari tmpt yg akan kita tuju, untuk perjalanan saya nanti tgl 11-18nov12 dr Jkt-Bangkok-Phuket-Jkt (sdh book Jkt-Bangkok-nya) ini saya benar2 blank+mumet, tnyata thailand negara besar jg ya.. lm really need help, mas… hehe.. 🙂
    plan dr bangkok ke phuket by air, yg jd mslh adl ittenerary selama di phuketnya, bisa minta tolong mas kasih advice-nya ke saya?
    saya ingin ke krabi jg, apa destinasinya menarik u/ di kunjungi? saya bc mas tidak ambil tour ke krabi, mas ambil phi-phi island, james bond island n phuket city tour. mohon infonya ya mas?
    saya rada2 nyesel jg ini book bln nov krn stlah bc cat pjalanan mas tmasuk peak season ya? but its oke lah, caiyo… !! hehehe…makasih banyak sblmnya ya mas…

    Reply
    • 21/04/2012 at 10:03
      Permalink

      Sebenarnya mungkin yang bingung adalah itinerary untuk bangkok, karena untuk phuket sendiri, jika kita mengikuti one day tour baik itu city tour, phi2 islands, phang nga bay, krabi dan lain-lain, itinerary pastinya ngikut dari travelnya… jadi tinggal cari travel agent, lalu tanya itinerary mereka plus harganya. Nanti mungkin tinggal atur jalan-jalan malam harinya setelah mengikuti tour2 itu.
      Btw, saya tidak ambil palet tour ke krabi karena waktunya ga ada mbak, kalau memungkinkan, ya akan saya ambil juga, he he he. Tapi bagi saya, kalau diberi kesempatan ke phuket lagi, saya pengen banget ke Similan Island 🙂 dan ke maya bay lagi (tapi agak pagian). Soalnya yang kemarin maya bay sudah rame banget kayak pasar 🙂
      Semoga membantu

      Reply
  • 23/07/2012 at 11:24
    Permalink

    alow gan surya “wongkentir”

    thanks bgt sharing informasinya,
    klo boleh aku minta kontak si travel agentnya si miss ladda itu dong gan (email dan pinbb)

    aku juga rncana bulan depan mau ke phuket, diemail ke garniyudha@yahoo.com y gan

    trims

    Reply
  • 23/07/2012 at 13:03
    Permalink

    hallo mas surya , saya juga akan flight ke thai dan mau ke phuket via bangkok terlebih dahulu, nah jadi rada bingung sih ama paket tour ke phi phi island nya , klo one way tour balik nya jam brp mas ? dulu mas waktu booked ke ms.ladda itu brp lama ? saolnya saya flightnya masih januari .. heheh

    “One way tour? Berarti rencananya mau stay di phi-phi island? Aku dulu booked sebulan sebelum keberangkatan. Berangkat Februari, baru janjian januari, padahal dapat tiketnya sejak September. Nyante aja, kalau yang masih lama biasanya agak dicuekin, he he he”

    Reply
  • 16/08/2012 at 06:53
    Permalink

    Haloo Mas…
    Sy dan suami akan ke Phuket, dri KL tgl 24 Okt 2012 ini, naik bus, mungkin 25 baru sampai ya, itupun sore…
    Kira2 kami kmn dulu ya?
    Kami di Phuket sampai tgl 27 Okt, krn mau lanjut ke Bkk… Kira2 dg sedikitnya wkt itu sy kmn sj sebaiknya?
    Utk Phuket ke Bkk, sebaiknya naik bis atau pesawat ya? Krn sbnrnya kami mau backpack berdua, dri Singapore, ke KL bt ntn motoGP bru ke Thailand…
    Kemudian dri Bangkok sebaiknya sy lgsg plg ke Sby atau ke KL aja dulu bru naik pswt dri KL?
    Terimakasih

    “Hmm, perjalanan panjang brarti ya mbak..
    Pertama-tama cek kondisi fisik dulu mbak.. Kira2 kuat atau tidak spartan 3 negara dalam beberapa hari. Kalau memang kuat, ya jalan aja.
    Saran saya, ketika sudah sampai Phuket sore, langsung istirahat aja dulu. atau mungkin jalan2 sekitar Patong beach dulu. Besok paginya baru ke Phi-phi islands, terus besoknya ke James Bond Island. Setelah itu langsung cabut Bangkok…
    Kalau untuk pulangnya dari BKK via KL atau langsung surabaya, liat harga tiketnya aja mbak, mana yang lebih murah. Juga lagi-lagi liat kondisi fisik juga. Soalnya dari Phuket itu capek banget, apalagi jika cuacanya panas.
    Semoga membantu”

    Reply
  • 28/09/2012 at 21:00
    Permalink

    Hhhmm, rencana awal melancong kesini, pi pindah haluan ke bangkok aj,, hedeeewww
    makasih sharenya Mas, tak save yaaahhh 🙂

    “Silahkan … Semoga bermanfaat”

    Reply
  • 30/12/2012 at 21:19
    Permalink

    Very nice Photos & useful information…
    Thank you very much for sharing your trip to Phuket.

    “you`re welcome”

    Reply
  • 21/11/2013 at 01:54
    Permalink

    Nice post…
    saya hanya ingin tahu tntng web kaskusnya yg tntg Miss Ladda menawarkan 1100 Baht, Mr. Puttachat 1200 Baht. saya sedang cari2 info. saya sedang berencana travel ksana. mkasih..

    “Coba searching aja di google mas, keywordnya phuket miss ladda site:kaskus.co.id, nanti pasti ketemu threadnya”

    Reply
  • 13/01/2014 at 18:45
    Permalink

    Kak, aku rencananya mau ke sana bulan depan. Mau tanya contact person-nya Miss Ladda dan Mr. Puttachat boleh? Hehehe.. Makasiihh..

    Aku gak tau, info ini masih valid atau enggak, karena sudah berselang 2 tahunan sejak aku berangkat kesana
    Email : billyladda@windowslive.com
    Pin BB : 27085B46
    Telp : +66894847070

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*