Menjelajahi Malaysia 2011 (The Itinerary)

Setalah 9 bulan berselang sejak ke Bangkok awal Januari 2011 yang lalu, akhirnya aku (bersama istri) berkesempatan untuk melihat lagi dunia di luar tanah air, Indonesia. Dan pilihan pun jatuh ke Malaysia, negeri tetangga yang hubungannya dengan Indonesia sering naik turun.

Mengapa Malaysia? Ya karena memang baru negara-negara di Asean saja yang daya jelajahnya terjangkau di kantong kami, he he he. Kalau untuk jalan-jalan ke Korea, Jepang atau bahkan Eropa, kondisi keuangan kami jelas tidak sanggup. Bagaimanapun juga kami sangat bersyukur dengan kesempatan ini. Alhamdulillah ya (kalau kata Syahrini).

Kami berdua berangkat dari Surabaya hari Sabtu, 17 September 2011, menggunakan (lagi-lagi) jasa pesawat Air Asia. Ya, kalau mau travelling ke Luar Negeri murah, apalagi pilihan maskapainya kalau bukan Air Asia. Tiket sudah kubeli sejak bulan November 2010, kala ada promo Big Sale Air Asia. Rinciannya adalah:

Sabtu 17 September 2011 SUB PEN, Jam 15.25 19.20, Rp. 170.200,00

Senin 19 September 2011 PEN KUL, Jam 14.55 15.45, RM 20 = Rp. 89.136,00

Selasa 20 September 2011 KUL SUB, Jam 19.05 20.40, RM 92 = Rp. 273.353,00

Total Harga Tiket Rp. 532.689,00

Harga diatas adalah harga dua orang. Entahlah, bagaimana caranya Air Asia bisa memberikan harga semurah itu kepada penumpangnya. Mungkin karena pembelian dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, jadi uang cash yang sudah diterima akan dikembangkan oleh perusahaan.

Setelah tiket ditangan, kami pun mulai mencari itinerary yang optimal. Dengan bantuan mbah google, majalah travelling dan rekan-rekan forum travelling mancanegara kaskus, kami mempersiapkan semua kebutuhan selama travelling dengan matang. Beberapa hal yang kami siapkan adalah sebagai berikut:

1. Hotel

Hotel adalah hal pertama yang kami siapkan. Karena perjalanan kami adalah perjalanan ala backpacker, maka kami pun mencari hotel yang murah, nyaman dan strategis. Karena akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar hotel, maka kami mencari hotel yang sekedar untuk tidur dan melepas lelah.

Mencari hotel saat sudah berada di lokasi wisata atau go show sangat kami hindari, karena bisa menyebabkan waktu habis. Harga juga bisa lebih mahal.

Karena kunjungan kami ke Malaysia, maka tune hotels menjadi pilihan pertama kami. Budget hotel yang satu kepemilikan dengan air asia ini memang pilihan terbaik bagi para backpacker. Meski ruangannya sangat kecil, tanpa tv, tanpa sarapan pagi dan jika ingin menggunakan AC harus beli lagi, tapi tune hotels memberikan fasilitas tempat tidur yang sangat nyaman, kipas angin dan kamar mandi dengan shower yang airnya sangat segar.

Jadinya untuk di Penang, kami pun membooking Tune Hotels selama 2 malam. Harga yang kami dapatkan cukup murah, RM 106.84 selama 2 malam itu, atau setara dengan Rp. 308799.

Sedangkan ketika di Kuala Lumpur, kami memutuskan untuk menginap di Genting Highlands, dengan alasan aku ingin berburu foto-foto malam di kawasan wisata andalan Malaysia itu. Hotel yang termurah di Genting adalah First World Hotel (FWH) yang memiliki 6000an kamar.

Untuk memesan kamar di FWH, aku menggunakan jasa situs-situs penyedia layanan pemesanan kamar mulai dari agoda, booking dot com, asiarooms dan wotif. Aku berburu kamar dengan sabar, menunggu hingga ada promo, he he. Maklumlah backpacker. Kami berusaha untuk mendapatkan harga seminimal mungkin. Kalau memang tidak bisa mendapat harga murah di FWH, mungkin kami akan merubah rencana dan membatalkan niat untuk menginap di Genting.

Dan pada akhirnya, aku berhasil mendapatkan harga yang lumayan murah. Dengan rate termurah dari situs resmi FWH sekitar RM 160 per malam saat low season, kami berhasil mendapatkan harga RM 138 per malam dari asiarooms. Lumayan, hemat RM 22.

2. Tujuan Wisata

Jangan lupa untuk membuat list tempat mana saja yang akan dikunjungi ketika membuat itinerary. Ini sangat penting karena jangan sampai ketika sudah sampai di tempat tujuan, bingung mau ngapain.

Dari hasil mencari-cari referensi, akhirnya aku berhasil membuat list tempat yang akan kukunjungi, yaitu

Penang:

Keliling George Town, mulai dari Masjid Kapitan Keling, City Hall, Fort Cornwall, Pinang peranakan mansion dan tempat-tempat bersejarah lainnya.

Queensbay mall. Dari Queensbay mall ini, akan tampak pemandangan jembatan pulau pinang yang menghubungkan pulau pinang dengan daratan Malaysia.

Batu Ferrighi, pantai yang sangat terkenal di Penang.

Penang Hill (Bukit Bendera) dan juga Kuil Kek Lok Si.

Gurney Drive, tempat makan paling tersohor di Penang yang baru buka jam 18.30.

Kuala Lumpur:

Genting Highlands

Menara petronas

Di list tempat yang akan dikunjungi, kami sertakan juga harga tiket masuk kedalam kawasan wisata jika ada. Jadi kita juga bisa meng-estimasi jumlah biaya yang dibutuhkan.

3. Transportasi

Sebagai backpacker, transportasi umum adalah andalan untuk berkeliling. Alasannya apalagi kalau bukan karena murah. Kalau ke Luar Negeri seperti ke Malaysia, Singapura, Thailand atau negara-negara Eropa masalah transportasi umum sepertinya bukan sebuah masalah. Karena negara-negara tersebut sudah membuat moda transportasi umum yang sangat aman, nyaman dan cepat.

Untuk di Penang, bus rapidpenang adalah moda transportasi utama. Ongkosnya sangat murah dan busnya sangat nyaman. Untuk info ada di http://www.rapidpg.com.my/

Sedangkan untuk ke Genting, ada bus langsung yang melayani rute dari bandara LCCT-KLIA ke Genting, yaitu bus Aerobus (http://www.aerobus.my/Genting_en.aspx) dengan ongkos RM 35 per orang / one way. Bus ini akan berhenti tepat di area parkir bus di dekat First World Hotel. Untuk alternatifnya, misalnya jika ternyata aerobus sudah penuh, naik bus dari LCCT ke KL Sentral dulu. Ada banyak perusahaan yang melayani rute ini, yakni aerobus (RM 8), skybus (RM 9) (http://www.skybus.com.my/) serta kereta KLIA Transit (RM 12.5) (http://www.kliaekspres.com/erlsb/LCCT/tabid/158/Default.aspx).

Lalu dari KL Sentral, naik bus Go Genting berwarna merah. Biayanya RM 8.5 per orang. Biaya ini termasuk fasilitas menaiki Genting Cable Car one way.

Memang kalau dilihat, dengan mengambil jalur alternatif (yaitu ke KL Sentral dulu baru ke Genting), harganya lebih murah. Misalnya saja kita mengambil aerobus lalu dilanjut bus go genting, maka biaya total hanya RM 16.5 per orang. Jauh lebih murah dari jika naik aerobus langsung ke Genting yang RM 35 per orang. Tapi kita harus perhatikan juga waktu tempuh. Dari LCCT Genting langsung, estimasi waktu perjalanan adalah 2 jam. Sedangkan jika memakai rute alternatif perjalanan bisa mencapai 3 jam dengan perhitungan LCCT KL Sentral 1 jam, dan KL Sentral Genting 2 jam. Perhitungkan juga, ketersediaan bus serta waktu keberangkatan bus. Kalau memang mempunyai banyak waktu luang, rute alternatif ini bisa menjadi pilihan. Selain murah, bisa berjalan-jalan dulu di KL Sentral plus naik cable car. Penawaran yang tidak ada di bus LCCT Genting langsung.

Sedangkan untuk berputar-putar keliling Kuala Lumpur, aneka moda transportasi milik rapidKL sudah lebih dari cukup. RapidKL menyediakan armada mulai dari Bus, Light Rapid Transportation (LRT) hingga Mass Rapid Transportation (MRT). Info ada di http://www.myrapid.com.my/

4. Tempat makan

Makan!!! Buat aku, ini adalah tempat yang harus disiapkan dengan sebaik mungkin, he he. Maklum, jika perut sudah lapar, maka perjalanan akan terasa sangat tidak menyenangkan buatku. Dengan kondisi Malaysia yang masyarakat muslimnya juga mayoritas seperti Indonesia, tidak sulit untuk mencari makanan halal. Bahkan mungkin makanan halal di Malaysia ini lebih jelas daripada di Indonesia, karena mereka mencantumkan label dengan jelas, antara halal dan tidak halal.

Di Penang, dari informasi di internet, di dekat tune hotel ada rumah makan nasi kandar Al Hass. Di rumah makan ini tidak hanya menyediakan nasi kandar saja, tetapi juga ada nasi goreng, mie goreng dan berbagai aneka masakan lainnya.

Tempat makan lain di Penang adalah Gurney Drive. Ini adalah tempat makan yang sangat ramai dan terkenal di Penang. Suasananya seperti Merdeka Walk di Medan dengan lokasinya yang cantik, tepat di tepi laut. Gurney Drive buka mulai jam 18.30 malam.

Untuk di Genting, cukup banyak juga tempat makan halal di sekitar FWH. Hanya saja harga di Genting sangat tinggi. Karena itu, kami berencana membawa bekal nasi / roti dari LCCT, he he he, agar lebih ekonomis.

Untuk di KL, ada cukup banyak pilihan makanan halal. Tidak perlu khawatir.

5. Tempat beli oleh-oleh

Nah, ini adalah tempat terakhir yang tidak boleh ketinggalan dimasukkan dalam list. Meski ala backpacker, membeli oleh-oleh wajib hukumnya, he he. Ya sebagai kenang-kenangan bahwa selama hidup, kita pernah singgah di tempat tersebut. Selain itu souvenir adalah salah satu bentuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman-teman

Untuk di Penang, Chowrasta Market adalah tempat andalan untuk mencari oleh-oleh. Pasar yang berdiri sejak 1890 ini adalah pasar utama sekaligus pusat perdagangan dari kota George Town.

sedangkan di Kuala Lumpur, Central Market yang dibangun tahun 1888 adalah pusat souvenir Kuala Lumpur. Barang yang diperjual belikan hampir sama dengan yang di Chowrasta, tetapi jenisnya lebih banyak. Suasana Central Market ini hampir sama dengan suasana Pasar Baru di Jakarta. Info tentang central market ada di http://www.centralmarket.com.my/index.php

6. Peta

Setelah semua informasi sudah didapat, hotel, tempat wisata, tempat beli oleh-oleh, saatnya untuk membuat peta. Kalau aku biasanya membuat peta dari google maps. Jadi sepotong-sepotong peta dari google map, lalu disusun di photoshop, he he he. Atau bisa cari saja peta-peta wisata di Internet, lalu tinggal print. Peta ini

Dari Informasi yang sudah dikumpulkan di atas, aku pun membuat sebuah itinerary lengkap dengan time line dan biayanya, seperti dibawah ini.

Penang Day 1, 17 September 2011

12.30 13.15 Perjalanan Rumah Bandara Juanda Surabaya

13.30 15.25 Cek in dan Menunggu Boarding Boarding Pas @Rp. 150000

15.25 19.30 Perjalanan Surabaya Penang

19.30 20.00 Ribet-ribet di Bandara, Beli Kartu Rapid Penang Passport @RM30 (cari makan malam juga)

20.00 20.30 Bandara Tune Hotels via Rapid Penang 401E (Last trip jam 10.00 pm). Kalau sempat bisa mampir ke Quensbay Mall sebelum ke hotel untuk melihat pemandangan Penang Bridge.

Penang Day 2, 18 September 2011

07.30 08.00 Sarapan Nasi Kandar

08.00 12.00 Keliling George Town. Naik CAT Free bus dari Halte No. 11 (JL Transfer) turun di Halte No. 15 (Kampung Kolam). Jalan menuju Masjid Kapitan Keling, trus ke Goddes Of Mercy Temple& St George Church. Jalan menuju City Hall, Town Hall, Esplanade Lalu melintasi Jalan Lebuh Light menuju ke Fort Cornwallis dan Queen Victoria Memorial. Dari JL Lebih Light belok kanan menuju Jalan Lebuh Pantai. Mengunjungi Pinang Peranakan Mansion. Dari Pinang Peranakan Mansion naik CAT free bus dari Halte No. 3 (Little India) ke Komtar

12.00 13.00 Makan Siang dan Sholat di Komtar

13.00 14.00 Komtar Kek Lok Si dengan Bus Rapid Penang No. 204 (Est perjalanan 40 60 menit)

14.00 15.00 Muter-muter di Kek Lok Si. Masuk free, masuk area Dewi Kuan Im @RM 4, Pagoda @RM6

15.00 15.30 Kek Lok si – Penang Hill naik Bus Rapid Penang No. 204

15.30 16.00 Naik trem ke Bukit Bendera @RM30 PP. Info terbaru, trem tdk operasi s.d Oktober 2011

16.00 17.30 Menikmati Bukit Bendera (jam buka weekend antara 6.30 am 9.00 pm)

17.30 18.00 Turun Trem

18.00 19.00 Penang Hill Komtar by Bus Rapid Penang No. 204 (Jam Terakhir jam 10.00 pm)

19.00 19.30 Komtar Gurney Plaza / Gurney Drive (Halte Jalan Bagan Jermal) by Rapid Penang 101 (Jam terakhir jam 11.00 pm)

19.30 20.30 Makan Malam di Gurney Plaza dan beli oleh-oleh

20.30 21.00 Gurney Tune Hotels di JL Burma

21.00 – Istirahat, atau kalau mau menjelajah Chowrasta Market di dekat Hutton Lodge

———–

Alternatif jika penang trem tidak beroperasi

15.30 16.30 Penang Hill Komtar

16.30 19.00 Naik CAT lagi ke kota. Mungkin ke Pangkalan Ferri, Lalu jalan-jalan lagi ke city hall, town hall, espalanade ambil foto blue hours. Lalu naik CAT dari halte No. 6, turun di halte No.7 buat ke Cheong Fat Tze Mansion. Lalu naik CAT dari halte No, 7, turun di halte No, 8 buat ke Chowrasta Market. Lalu naik CAT lagi sampai ke KOMTAR

19.00 19.30 Komtar Gurney Plaza / Gurney Drive (Halte Jalan Bagan Jermal) by Rapid Penang 101. Alternatif pakai Rapid Penang 103, Halte JL Kelawai. (Jam terakhir jam 11.00 pm)

19.30 20.30 Makan Malam di Gurney Plaza dan beli oleh-oleh

20.30 21.00 Gurney Tune Hotels di JL Burma

21.00 – Istirahat, atau kalau mau menjelajah Chowrasta Market di dekat Hutton Lodge

Penang Day 3, 19 September 2011

07.00 07.30 Sarapan di dekat hotel

07.30 08.30 Tune Hotel Batu Ferighi by Rapid Penang 101 (Kemungkinan Langsung Cek out)

08.30 11.00 Menikmati Batu Ferighi

11.00 12.00 Batu Ferighi Komtar by Rapid Penang 101

12.00 12.30 Makan Siang di Komtar

12.30 13.30 Komtar Bandara by Rapid Penang 401E

13.30 14.55 Cek in dan Waiting for boarding

14.55 15.45 Penang KL by Air Asia Flight Number AK5363

15.45 17.00 Ribet-ribet di Bandara LCCT KL (Plus beli makanan buat dibawa ke Genting)

17.00 20.00 LCCT – Genting Highland by Aerobus (@RM35)

20.00 – Istirahat atau muter-muter cari night shoot di Genting

Kuala Lumpur Day 4, 20 September 2011

06.30 07.00 Sarapan di hotel. Jatah breakfast

07.00 10.30 Menikmati Genting Highland

10.30 11.30 Cek Out, jalan kaki dari first world hotel ke Cable Car

11.30 12.00 Perjalanan Cable Car turun

12.00 13.30 Cable Car Lower Station KL Sentral

13.30 14.00 Makan Siang di KL Sentral

14.00 14.20 KL Sentral Suria KLCC (Putra / Kelana Jaya Line) (RM 1.6)

14.20 14.30 Suria KLCC Pasar Seni (Putra / Kelana Jaya Line) (RM 1.6). Pasar Seni LRT dekat dengan central market untuk beli souvenir

14.30 15.20 Jalan-jalan di Central Market. (Belanja Maximum RM 70 lah, Rp. 210.000)

15.20 15.30 Pasar Seni KL Sentral (RM 1)

15.30 17.00 KL Sentral ke LCCT (by Aerobus atau Skybus) Estimasi 1 jam 30 menit (RM 8). Atau pakai KLIA Transit, trus dari KL Sentral langsung ke LCCT (RM 12.5).

17.00 19.05 Check in dan ribet-ribet imigrasi di LCCT

19.05 20.40 LCCT Surabaya by Air Asia AK556

Nah, itulah itinerary yang kubuat dalam perjalanan menuju Penang dan Kuala Lumpur. Memang terkesan waktunya sangat ketat, tapi ya itu semua tentative, melihat kondisi fisik dari kami berdua. Ingat, perjalanan travelling adalah perjalanan yang harusnya menyenangkan, bukan sebaliknya. Jadi kita harus tau kondisi partner kita dan memaklumi jika memang tidak semua tempat wisata yang sudah tertera di itinerary tidak bisa dikunjungi semuanya.

14 thoughts on “Menjelajahi Malaysia 2011 (The Itinerary)

  • 01/10/2011 at 09:15
    Permalink

    Suryaaaaa….
    Kalo mau bilang Minal Aidin udah basi belum yaaaa….hihihi…
    Pokonya mah mohon maap lahir batin yaaaaa…
    MAapkanlah kalo selama ini ada salah yaaa 🙂

    “Ini kesalahan terbesar itu karena lama gak posting.. :p. Iya mbak, mohon maaf lahir batin juga ya”

    Reply
  • 01/10/2011 at 09:16
    Permalink

    poto nya kok dikit amat sih Suuuuur???

    Apakah dikau sudah insyaf dan tidak narsis lagiiiih???..hihihi…

    Reply
  • 01/10/2011 at 09:20
    Permalink

    Jalan jalan teruuuuuuuus…*sirik*

    Seru liburan nya Sur….walopun tetep…aku mah lebih memilih ke Korea ajah….hihihi…

    Dan baru menyadari Surya detail amat nyusun schedule nya ya…
    Tapi kalo backpackers mah emang harus gitu kali yah…

    Selama inih aku kalo nyusun lliburan selalu over budget karena kurang perencanaan…terakhir cuman nginep semalem di ancol doang nomboknya sampe gak bisa bayar listrik di bulan ituh….hihihi…

    HArus banyak belajar dari Surya nih 🙂

    “Lho, jangan salah, ini sudah mau planning ke Korea, tinggal duitnya aja yang belum ada. Awas, jangan sirik lho mbak erry.. :p”

    Reply
  • 01/10/2011 at 16:30
    Permalink

    Hallo…bagus bgt artikel ini..
    kalo bole tanya..bus dari komtar – gurney brp ya?brp menit?
    bus dari komtar ke queensbay mall?brp menit?
    bus dari komtar ke georgetwon brp?brp menit?

    soalnya di sini tdk ada detail nomer bus rapid.

    trus naek rapid bus, waktu mau naik langsung bayar ya?ato beli tiket lagi?

    tlg dibalas ya..urgent.
    soalnya tinggal seminggu uda mau ke penang.

    thankss!!!

    “Komtar – queensbay mall 30 menitan. Komtar – George Town 1 menitan (soale komtar sudah berada di George Town)
    Dulu pengennya yang beli tiket terusan, jadi ga ribet. Ternyata di bandara ga ada, yaudah, akhirnya bayar di atas
    Oh iya, karena kesana bulan Oktober, siap2 bawa payung ya, karena dari info di weather dot com, curah hujan penang lagi tinggi-tingginya bulan Oktober ini”

    Reply
  • 02/10/2011 at 00:55
    Permalink

    Suryaaaaa!
    Senengnya rek, jalan-jalan terus sama isteri tercinta…hehe, tahap awal kan di Asia, Surya…siapa tau nanti bisa merambah Eropa, Afrika bahkan Amerika 😉

    Postingnya bermanfaat banget.
    Saya aja sampe terkagum-kagum baca rincian tempat, harga dan sarana transportasi yang Surya tulis disini. Informatif dan menggoda saya buat jalan-jalan ke tempat yang sama…
    *huhu, kapan ya*

    Skali lagi, thanks ya!
    😀

    Oya, saya baruuuu aja datang dari Bali setelah liburan disana 3 hari, biasa…sama ibu-ibu temen di organisasi, jadi ceritanya juga versi ibu-ibu deh…belanja, belanja dan belanja 😀

    “Ditunggu wisata belanja ke Bali ala bintang timur mbak :)”

    Reply
  • 02/10/2011 at 09:28
    Permalink

    Waaaaah, ayah Surya juga dari Lawang?
    Surprise banget lo, ketemu sama orang lawang di dunia maya kayak gini…hehe, saya tinggal di jl. Argomoyo dan di jl. Mayor Abdullah selama kurang lebih 10 tahun, Surya…saat-saat yang menyenangkan.
    Bahkan sampai sekarang, kalo saya main ke rumah yang di Lawang, kenangan tentang masa lalu itu masih melekat sangat erat 🙂

    “Saya juga surprise pas tahu bahwa mbak irma juga dari Lawang :)”

    Reply
  • 03/10/2011 at 10:53
    Permalink

    wah keren, jurnal perjalanannya kumplit bgt 😀
    moga2 uni juga bisa ke malay suatu saat nanti 😀

    Reply
  • 21/10/2011 at 11:10
    Permalink

    hello, salam, saya dari medan dan benar2 tertarik ke LN ala bacpacker. Jadi negara pertama yang ingin saya kunjungi adalah malaysia. Hanya berpusat di KL. Saya bingung mau buat list selama disana. Yang pasti hotelnya ingin di bukit bintang. Dan kalau ada yang super murah, lebih bagus lagi. Hehehe….cukup 2day 1night aja mau keliling Kl aja. Maaf merepotkan, tapi mohon bantuannya.

    “Maaf sebelumnya, jawabannya telat mbak ridawati. Insya Allah nanti saya jelaskan seluruh biaya nanti di postingan menjelajah Kuala Lumpur yang masih in progress. Btw, kemarin kami tidak menginap di Bukit Bintang, jadi kurang tau, hotel mana yang kira2 murah dan cozy di Bukit Bintang”

    Reply
  • 21/10/2011 at 11:14
    Permalink

    kalau diperkirakan uangnya berapa diluar ongkos pesawat. Hehehe…maaf se x lagi.

    Reply
  • 10/03/2012 at 20:25
    Permalink

    pagoda buka jam brp sampe jam brp??

    “Ini Maksudnya Pagoda di Penang ya.. Kurang tau ya, mungkin sekitar jam 8 – jam 5 kali ya..”

    Reply
  • 08/09/2012 at 10:41
    Permalink

    aku mau tanya sesampai di fwh kan malam, apakah masih bisa cekin, soalnya di voucher sy ada ketentuan cek in sebe;um jam 6pm. trimakasih

    “Kalau aku kemarin cek in jam 10 malam mas, dan bisa tuh. Aku kurang tahu kalau ada ketentuan cek in sebelum jam 6 sore.. Maaf jika jawabannya tidak bisa banyak membantu”

    Reply
  • 22/11/2012 at 10:19
    Permalink

    salam,
    bertiga tgl 19 April 2013, kami akan ke Malaysia. Tiket yang kami beli airasia CKG-PEN (Cengkareng-Penang), berhubung kami ingin ke KL juga, jadi mau tanya kalo dari Penang ke Kuala Lumpur naik apa ya?
    19/04/2013 CKG-PEN 16.15 19.40
    dengan tiba waktu malam hari sebaiknya kami naik apa ke KL?

    terima kasih info-nya

    “Yang saya tau ada tiket bus, tapi saya kurang tau jam berapa? Lho, kalau memang pengen langsung ke KL, kenapa harus lewat Penang dulu? Penang KL itu lumayan lama lho kalau perjalanan darat, sekitar 8 jam kalau tidak salah”

    Reply
  • 29/12/2012 at 11:13
    Permalink

    mas…boleh minta tempat hostel di penang jalan dari bandara penang ke hostel dari hostel ke tempat bus naik apa, dan harganya .
    soalnya saya berendcana akan ke penang januari akhir 2013 nanti . terimakasi .
    kalau boleh, saya minta fb atau nomor yang bisa dihubungi . makasih

    “Saya sih waktu itu nginep di tune hotel penang. Kalau harga bisa dilihat di http://www.tunehotels.com. Untuk informasi bus dan lain-lain, mungkin bisa dibaca dulu cerita-cerita saya tentang Penang di blog ini. Terima kasih”

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*