Jelajah Medan(Sumatera Utara Day 3)

Kami berdua bangun cukup pagi di hari Minggu (17 Juli 2011). Ini adalah hari ketiga sekaligus hari terakhir perjalanan kami di Sumatera Utara. Rencananya hari ini kami akan berkeliling kota medan dengan naik becak motor, angkutan umum khas kota medan.

img_1743w1

Karena waktu yang sempit, kami memulai petualangan sepagi mungkin. Jam 12 siang nanti, kami sudah harus berada di pesawat karena itu adalah jadwal take off pesawat yang akan membawa kami pulang kembali ke Surabaya.

Tujuan pertama kami adalah Masjid Raya Medan. Setelah dianalisa di google map, ternyata masjid ini hanya berjarak sekitar 1 km saja dari hotel, karena itu kami memutuskan untuk berjalan kaki saja menuju Masjid. Rencananya pas pulangnya nanti, baru kami naik becak.

Suasana lalu lintas medan di hari minggu ini cukup sepi. Konon katanya, kalau di hari kerja, Medan hampir tak ubahnya Jakarta ataupun Surabaya, dimana-mana jalanan macet. Sepanjang perjalanan kami sering ditawari oleh abang tukang becak. Mungkin tampang kami berdua sangat kelihatan tampang turisnya ya, jadinya dari tadi ditawarin naik becak melulu, he he he.

Sesampainya di Masjid Raya, suasananya sangat ramai. Ternyata hari itu ada acara tabligh akbar. Banyak sekali kaum muslimin yang datang untuk mengikuti acara tersebut. Akupun jadi sedikit kurang nyaman dalam memotret karena dilihatin oleh banyak orang. Untungnya keramaian itupun segera berakhir karena jamaah akhirnya pada masuk ke dalam masjid, jadi aku pun bisa lebih leluasa untuk foto. Jepret!!!!!.

Masjid raya medan ini bernama Masjid Raya Al-Mashun. Masjid ini dibangun tahun 1906 dan dipakai pertama kalinya tahun 1909. Masjid ini terletak 200 meter sisi timur Istana Maimoon. Masjid raya ini merupakan landmark yang sangat terkenal dari kota medan, karena itu tidak lengkap rasanya kalau ke Medan tapi belum singgah ke Masjid raya Al-Mashun ini.

Dari masjid Al Mashun, kami melanjutkan perjalanan ke Istana Maimoon. Istana yang dibangun oleh . Ini arsitekturnya sangat indah. Untuk bisa menikmati interior istana maimoon, pengunjung diminta sumbangan sebesar 5000 rupiah. Jangan lupa melepas alas kaki jika ingin memasuki istana.

Didalam istana banyak sekali foto-foto para bangsawan deli dipajang. Juga foto-foto kunjungan pejabat.

Bagi yang suka foto-foto, istana ini sangat cocok untuk pengambilan gambar. Corak bangunannya yang unik dan dilengkapi dengan berbagai macam perabot seperti meja dan kursi kuno membuat istana ini semakin tampak klasik.

Yang paling menarik dari istana ini bagiku adalah sebuah singgasana yang berwarna kuning keemasan. Singgasana ini tampak sangat berwibawa dan megah. Ingin rasanya duduk dan berfoto narsis disana, tetapi sayangnya tidak boleh, he he he. Mungkin pengelola istana ini takut, kalau singgasana ini menjadi rusak kalau dibiarkan diduduki oleh pengunjung.

Setelah puas menjelajahi istana maimoon, kami pun kembali ke hotel karena kami harus segera berkemas untuk ke bandara. Nah, kali ini kami naik becak motor. Hmm, sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Asyik juga. Sebelum dan sesudah naik, aku minta izin untuk berfoto bersama dengan becak motor. Abangnya sih oke-oke saja. Sempat ngobrol dengan si abang tukang becak, kami sempat dikiranya orang Malaysia, he he he. Wah si abang ini ada-ada aja, padahal logat kami medok Surabaya banget dan gak ada melayu-melayunya sama sekali.

Dan berakhirlah petualangan selama tiga hari di propinsi Sumatera Utara. Sooner or later, kami pasti akan kembali lagi ke Medan dan Sumatera Utara, insya Allah.

Rincian biaya

Tiket Pesawat Air Asia Sub Mes 2 orang PP (431.000)

Airport Tax Surabaya 2 orang (80.000)

Airport Tax Medan 2 orang (70.000)

Sewa Mobil 2 hari plus BBM dan tips supir (1.030.000)

Akomodasi lain-lain (83.000)

Penginapan (676.000)

Makan dan minum selama di Sumatera Utara (446.000)

Souvenir dan oleh-oleh (172.000)

TOTAL PENGELUARAN 2988000

9 thoughts on “Jelajah Medan(Sumatera Utara Day 3)

  • 29/07/2011 at 22:05
    Permalink

    waaah, kok sudah di medan? *mupeng

    numpang baca-baca ya mas, banyak juga postingnyaa

    Reply
  • 30/07/2011 at 11:54
    Permalink

    nicely written sur

    btw saya salut dengan estimasi dan persiapan sebelum jalan2nya
    terus terang saya belum pernah seperti itu selama ini
    jadi pengen nyoba n mraktekinnya supaya bisa jalan2 lebih banyak krn lebih ngirit.

    🙂

    “Ayo ayo, jelajahi Indonesia!!”

    Reply
  • 01/08/2011 at 01:20
    Permalink

    wiih, dari sby aja ongkos pesawatnya segitu ya mas, murah banget, berdua lagi.

    rekomendasi waktunya mas, ben iso niru mlaku2 🙂

    “Iya mas, itu tiket promo air asia, belinya sejak setahunan yang lalu, he he. Pantengin aja websitenya air asia tiap hari mas, siapa tau ada promo”

    Reply
  • 18/08/2011 at 07:45
    Permalink

    Salut dengan ketelitian Surya saat mau jalan-jalan, semua direncanakan dengan teliti dan penuh estimasi…jadi, semua perjalanan pasti lebih mudah dan menyenangkan 🙂

    Ssst, saya malah belum pernah naik becak motor lo…
    😉

    Reply
  • 10/10/2011 at 05:31
    Permalink

    wah seko suroboyo juga tho mas.. aku kemaren ke MES naik AirAsia juga tapi ya nggak semurah itu tiketnya, 250.000 sekali jalan.. ke medan nggak mampir ke chong a fie mansion mas?

    salam kenal..

    Reply
  • 11/09/2012 at 14:09
    Permalink

    Mas Surya
    Salam Kenal…..rencana saya ke Medan tgl 19-21, itu sewa mobil 2hari sampe di Medan jam berapa? minta telpon travelnya mas
    makasih

    “Salam kenal. Saya dulu pakai yoga rent car, nomor teleponnya bisa dilihat di web sitenya http://yogarentalcars.com/

    Reply
  • 05/10/2012 at 11:34
    Permalink

    Mas Surya..maaf tolong abaikan pertanyaan saya yang nomor 1 soalnya sudah terjawab disini. He he baru terasa ternyata banyak orang mengajukan pertanyaan yang sama di blog karena tidak dibaca dulu sampai habis (spt saya sekarang :)).

    “He he :)”

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*