Sunrise di Pelabuhan Gresik

Wah, akhirnya aku menulis tentang Gresik, kota yang sudah kuanggap sebagai daerah asalku. Kami sekeluarga sejak tahun 1994 tinggal di Gresik, jadi kalau di hitung-hitung sudah lebih dari 15 tahun aku tinggal di kota ini.

sunrisegresik1

Hari Sabtu yang lalu, aku jalan-jalan ke Pelabuhan Gresik. Pelabuhan ini terletak di sebelah timur Alun-alun kota Gresik.

Dari cerita banyak orang, Pelabuhan ini mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dari monumen berbentuk jangkar yang terletak di pintu masuk pelabuhan, terdapat informasi bahwa Pelabuhan ini sudah ada sejak 1389. Wow Luar Biasa

sunrisegresik2

sunrisegresik3

Aktivitas utama di Pelabuhan ini adalah bongkar muat barang dan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan. Selain dua fungsi utama diatas, pelabuhan gresik juga berperan sebagai pelabuhan antar pulau di sekitar Gresik, seperti Madura dan Bawean.

sunrisegresik4

Pelabuhan Gresik biasanya sangat ramai dengan wisatawan di hari Minggu pagi. Wisatawannya sendiri sih kebanyakan penduduk lokal Gresik aja. Kalaupun ketemu dengan penduduk luar daerah, itu biasanya yang punya saudara di Gresik, ataupun para pelaut itu sendiri. Jarang sekali orang luar daerah yang khusus datang untuk berwisata ke pelabuhan ini. Suasana akan lebih ramai lagi di bulan Ramadhan. Kebiasaan orang-orang Gresik setelah sahur dan sholat subuh adalah jalan-jalan bersama keluarga ke Pelabuhan.

Karena itu, kalau para pembaca sekalian ingin jalan-jalan ke Pelabuhan ini, ya di pagi hari, saat sunrise. Karena pelabuhan ini menghadap ke arah timur. Pemandangannya cukup indah. Kalau kita menghadap ke selatan, tampak pemandangan deretan cerobong PLTU dan PLTGU milik PT PJB. Kalau siang hari menjelang, biasanya sudah tidak ada lagi wisatawan yang datang, dan pelabuhan pun berfungsi sebagaimana mestinya.

Dilihat dari luasnya, Pelabuhan Gresik ini memang sangat kecil jika dibandingkan Tanjung Perak, Surabaya, apalagi Tanjung Priok, Jakarta. Fasilitas-fasilitas penunjangnya juga relatif sederhana. Tapi, sebenarnya pelabuhan ini menyimpan banyak sekali potensi wisata, baik wisata alam, maupun wisata sejarah/budaya yang memang banyak sekali di Gresik. Namun sayangnya, Pemkab Gresik kurang bisa mengembangkan potensi itu.

Kalau tengah berkunjung kesini, kegiatan yang bisa dilakukan adalah melihat kapal nelayan (kalau nelayannya lagi baik hati, kita bisa naik kedalam kapal, melihat-lihat dalamnya.), memancing ataupun naik sampan putar-putar Pelabuhan.

Untuk menuju Pelabuhan ini, kalau dari Surabaya, anda bisa naik angkutan kota warna biru jurusan Pasar Turi – Gresik. Angkot itu akan mengantarkan anda tepat di depan pintu masuk Pelabuhan.

13 thoughts on “Sunrise di Pelabuhan Gresik

  • 22/04/2010 at 10:35
    Permalink

    poto2nya keren, terlihat seperti jaman dulu 😀

    “Terima Kasih Mbak Melly :)”

    Reply
  • 22/04/2010 at 10:50
    Permalink

    wow..
    baru tau nih ada pelabuhan di gresik//hehehe
    maklum..ana lum pernah nih ke pulau jawa… 🙁
    ntar deh jalan-jalan.. 🙂

    “Wah… semoga someday bisa main-main ke Pulau Jawa Mbak.. Aniwei, saya juga belum pernah ke Kalimantan juga.. Pengen juga maen kesana”

    Reply
  • 22/04/2010 at 15:27
    Permalink

    indah sekali fotonya, jadi pengen naik kapal laut 😀
    seru kaliya lihat sunrise en sunset di atas kapal 😀

    “Harus dicoba mbak.. Pasti seru!!! :)”

    Reply
  • 22/04/2010 at 22:11
    Permalink

    huhuhuw….
    aku blm prnh ke pelabuhan itu, mas… 🙁
    pdhl dr fotonya keliatan bgs bgt….
    nanti klo liburan mau maksa sepupukuw yg tinggal di gresik bwt nganter aku ksna ah…. 😀

    “Kalau memang mau maen kesini, pagi-pagi sekali mbak. Apalagi kalau dari Surabaya, setelah subuh harus dah berangkat. Kalau udah siang, udah ga ada lagi yang bisa dilihat kecuali proses bongkar muat barang”

    Reply
  • 23/04/2010 at 09:57
    Permalink

    keren cara pengambilannya………jika tetap mau belajar pasti lebih dari yg ini
    hebat
    salam hangat dari blue

    “Iya mas… Pasti akan terus belajar. Thanks for visiting my blog ya mas :)”

    Reply
  • 23/04/2010 at 10:44
    Permalink

    It’s really beautiful sunrise 😀
    Lihat pelabuhan cuma tanjung priok sm Sunda kelapa doang he..he…kapan ya bisa melancong ke Gresik?

    “Saya tunggu mbak :)”

    Reply
  • 24/04/2010 at 20:07
    Permalink

    whuaaaaa….
    sunrise-nya keren banget siiiiiiiih….
    pasti motretnya nyubuh yaaaaaa….

    hampir seperti postcard deh Sur fotonya….
    hebat!!!!

    “Iya mbak. Begitu kelar sholat subuh, langsung meloncat ke motor, menuju ke pelabuhan, he he he”
    “Kayak postcard?? Ah masa seh mbak… :malu: “

    Reply
  • 26/04/2010 at 13:40
    Permalink

    Foto-foto yang cantik, sendu dan romantik. *halah bahasanya susah, mau bilang KEREN aja.*
    Salam kenal yaaa 🙂

    Reply
  • 28/04/2010 at 10:58
    Permalink

    kereeeennn…
    belum pernah euy ke pelabuhan gresik, padahal kan deket ya kalo dari mojokerto ato bojonegoro..

    Reply
  • 28/04/2010 at 11:00
    Permalink

    eehh..jadi kangen sego krawu..
    sering mampir yang di warung sebelum tol gresik- sby..
    nyamnyamnyam…

    Reply
  • 29/03/2011 at 19:16
    Permalink

    Pelabuhan kota gresik yg penuh dengan kenangan indah.
    Fotonya bagus…………kapal para pencari ikan.
    Q mengambil inti sari dari sini untuk bahan tugas b.inggris q.

    Reply
  • 29/03/2011 at 19:20
    Permalink

    kelupaan,
    salam kenal ea mas………..q jga wong GRESIK mas………..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*