Kutemukan Pelangi di Grojogan Sewu

Perjalanan ke Tawang Mangu ini adalah lanjutan perjalanan The Three Mustkentir (Hikma, Aris dan Surya) setelah dari telaga sarangan. Setelah puas menikmati indahnya telaga sarangan, kami melanjutkan perjalanan ke tawangmangu dengan tujuan Air Terjun Grojogan Sewu.

Pelangi di Grojogan Sewu
Pelangi di Grojogan Sewu

Dari informasi di wikipedia, Air Terjun Grojogan sewu terletak di lereng Gunung Lawu, 27 km sebelah timur, kota Karanganyar, propinsi Jawa Tengah.

Konon katanya, jalanan menuju Tawang Mangu sangat luar biasa curam dan berliku. Dan wow, sekarang kami membuktikannya. Medan perjalanan memang sangat menantang, terutama di daerah Cemoro Sewu. Berkelok-kelok dengan kemiringan tertajam hingga kira-kira 40an derajat. Untungnya si Bleki cukup kuat menghadapi medan ini. Belum lagi ditambah kabut turun dengan pekatnya, sehingga membuat Hikma makin memperlambat laju si bleki.

Akhirnya setelah 50 menitan, kami sampai di Tawang Mangu. Sebelum sampai di Grojogan sewu, kami mampir makan siang dulu. Kami makan siang di warung pecel dan sop buntut Bu Ugi. Warung ini tampaknya cukup terkenal di Tawang Mangu. Banyak sekali pelanggannya, yang kebanyakan adalah orang luar kota. Itu tampak dari plat mobil-mobil yang berjejer parkir di sekitar warung ini.

Kami memesan nasi pecel dan teh manis hangat. Bumbu pecelnya mantaps. Khas bumbu pecel madiun, yang kental dan pedas. Tehnya juga maknyuss. Rasanya beda dengan teh yang sering ku nikmati di kota. Harga nasi pecelnya 10.000 rupiah per porsi, sedangkant teh manisnya, 2000 rupiah.

Perut kenyang, dan kami lanjutkan perjalanan. Ternyata jarak antara warung Bu Ugi dan Grojogan Sewu sangat dekat. Hanya 500 m kami berjalan, kami melihat papan penunjuk jalan yang menyatakan bahwa kami sudah sampai di Objek wisata Grojogan Sewu.

Papan Selamat Datang di Grojogan Sewu
Papan Selamat Datang di Grojogan Sewu

Begitu sampai di loket air terjun, puluhan monyet liar menyambut kami. Sempet ngeri juga sih, tapi ternyata monyetnya tidak mengganggu sama sekali. Mungkin karena kami kemari bersama Aris Widodo, kembaran para monyet ini, xixixixixi.. (Piss Ris.. :))

3GP (Tiga Gendut Perut) Melompat di Grojogan Sewu
3GP (Tiga Gendut Perut) Melompat di Grojogan Sewu

Ternyata untuk menikmati keindahan air terjun grojogan sewu tidak mudah. Butuh fisik ekstra untuk menuruni ratusan anak tangga (dan tentu saja mendakinya saat pulang nanti). Total, sesuai dengan papan pengumuman yang terpajang, ada 1225 anak tangga.

1225 Anak Tangga di Grojogan Sewu
1225 Anak Tangga di Grojogan Sewu

Suasana perjalanan menuju air terjun sangat sejuk dan indah. Udara segar terus bersemilir dan cuaca tidak begitu panas, meski saat itu jarum jam menunjukkan pukul 1 siang.

Tapi semua itu terbayar begitu melihat air terjun berketinggian 80 meter ini. Grojogan Sewu tampak sangat gagah. Foto-foto dulu ah..

Semakin mendekati air terjun, rasanya semakin sejuk. Titik-titik air cipratan dari air terjun terasa sangat dingin dan menyegarkan. Aku pandang dengan takjub pemandangan yang terhampar di hadapanku. Air terjun, dengan tebing-tebing curam di sisi-sisinya. Hingga deretan berbatuan yang berjajar tak rapi di dasar air terjun. Ketika tengah menikmati pemandangan tersebut, tiba-tiba tampak sebuah pelangi. Segaris sinar matahari yang mencoba menembus dedaunan dan menyinari bebatuan, terbias oleh titik-titik air cipratan air terjun. Sebuah pemandangan yang sangat indah. Subhanallah

Di air terjun ini juga tersedia arung jeram single dengan harga Cuma 10.000 rupiah lho. Tapi jangan tanya seberapa jauh jaraknya, karena hanya sekitar 50 meter saja :).

Yah, bingung nih mau ngereview apa lagi, he he he. Ya sudah, aku pajang saja foto-fotonya. Kan katanya satu gambar lebih dari seribu kata-kata, he he he

Pelangi di Grojogan Sewu
Pelangi di Grojogan Sewu

Setelah puas berolahraga di Grojogan Sewu, kami melanjutkan perjalanan kami kembali menuju kota Surakarta. Ada salah satu pemandangan yang sangat indah di perjalanan kami menuju kota Solo.

Pemandangan Gunung Merbabu Dari Kawasan Grojogan Sewu
Pemandangan Gunung Merbabu Dari Kawasan Grojogan Sewu

Sebuah lukisan Allah dengan dua buah gunung, yang kalau gak salah salah satunya adalah Gunung Merbabu.

16 thoughts on “Kutemukan Pelangi di Grojogan Sewu

  • 11/04/2010 at 07:57
    Permalink

    waah….indahnya…kpn2 kesana de..heheh

    “Kayaknya harus mbak… Nyesel kalau gak kesana, he he he”

    Reply
  • 12/04/2010 at 20:07
    Permalink

    *menghela naps takjub*
    Alam memang tak menjemukan indahnya..
    Subhanalloh..

    “Iya mbak.. Luar Biasa lukisan-Nya di bumi ini.”

    btw, ga ngincipi sate kelincinya???

    “Sayangnya enggak mbak.. :(“

    Reply
  • 13/04/2010 at 13:21
    Permalink

    Sebenernya di belakang hotel Pondok Sari (kalo ga salah itu namanya,hehe) itu ada Restoran ‘Karminah’ yg maknyus juga,favoritnya adalah teh poci panas + sayur lodeh + ayam goreng spesialnya…hmmm, kapan2 kalo ksana cobain deh ๐Ÿ˜€

    “Oh Really… Yeah.. kapan2 kayaknya harus ke sana lagi nih.. :)”

    foto2mu emang keren mas,pemandangannya Subhanallah indahnya… b^^d

    “Indah banget memang Ndin… Siapapun yang kesini, pasti jepretannya akan sangat bagus, lha wong memang pemandangannya dah bagus.. :)”

    Reply
  • 14/04/2010 at 23:21
    Permalink

    Suryaaaaa….
    aku tau sih judul dan tema nya blog ini soal traveling,…
    tapiiiiiii….kerjaan nya kok jalan jalan mulu siiiiiih….
    huh!!!! bikin sirik aja!!!!

    ntar ah…baca dulu!!!

    *hihihi…udah marah marah duluan padahal belon dibaca*

    “Sabar mbak.. sabar .. :)”

    Reply
  • 14/04/2010 at 23:29
    Permalink

    hah???
    1225 anak tangaaaaa???
    males ah Sur…gak ada eskalator ya…hihihi…

    ckckck…
    judulnya aja udah romantis…
    ternyata fotonya romantis abessss…

    keren banget fotonya!
    *ooo… ternyata foto keren pengaruh dari kamera canggih yang pake tele dan banyak tombolnya itu yaaaa….bukan orangnya yang pinter motret…hihihi*

    “Jangan males ya mbak kalau ke Grojogan Sewu, hi hi hi.. Pemandangan yang dinikmati, sebanding dengan usahanya kok :)”
    “Aniwei, Alhamdulillah kalau suka fotonya.. ๐Ÿ™‚ Iya kok mbak, ini kameranya emang bagus, he he he.. Kalau yang moto masih nubie abis… ni lagi berguru di forum fotografinya kaskus dan fotografer.net :)”

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:01
    Permalink

    aku terakhir kesana taon 99 wah kangen jg ma grojogan 1000

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:09
    Permalink

    Itu blm sberapa,blm candi2x dsktr karanganyaq,menabjubkn..kenangan ta tlupakn..aq kan org solo,;-)

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:11
    Permalink

    dua gunung itu Merbabu dan Merapi. kalau cuaca cerah bisa terlihat bagus dari Lawu, lebih bagus lagi jika dua gunung itu dilihat dari sekitaran wilayah Ceto (Ngargoyoso).
    http://wirawan.blogsome.com/2009/09/23/candi-ceto/

    Entah sudah berapa puluh kali saya ke Grojogan Sewu, kadangkala kalau Jumat pulang pagi saya dengan teman-teman SMA jalan-jalan ke sana. Meskipun demikian rasanya tempat itu tetap keren ๐Ÿ˜€

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:14
    Permalink

    Mangtabs gan,,,,,dah lama banget ga maen kesana,,,jd pengen maen lg..hikz..hikz..

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:15
    Permalink

    Wah… Keren abis ya mas, jd pgen ke sana. Tp kpan ya, alnya tmpat tglku nun jauh di sumut gni. Jadi ngiri nich…

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:17
    Permalink

    We e e e..udah ad yg dtng ke kota kecilku neh.slamat dtng y,maaf telat he2.kalo ad kesempatan dtng lg.jgn lupa kunjungi tempat2 keren laen di kota karanganyar kyk candi sukuh tingginya 9rtsan DPL,candi cetho yg lbh tinggi lg.dijamin hsl foto mantap2 bos!!

    Reply
  • 21/04/2010 at 18:34
    Permalink

    wow petualangan yang keren…kapan ke sana lagi gan? mo titip salam aja buat monyet-monyetnya xixiixi…

    Reply
  • 04/11/2011 at 16:06
    Permalink

    hmm… pengen tau jalanan yang sangat curam menuju kesana.. apa aman y untuk rider nekat… hahaha
    foto2 jalanan nya dong

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*